Penyebab dan Cara Memperbaiki Kamera iPhone Yang Ngeblur

Kamera iPhone kalian buram, tidak jelas alias ngeblur? kalian tidak sendiri ada beberapa pengguna iPhone diluar sana yang mengalami hal serupa. Masalah ngeblur pada kamera ini dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari hal sepele hingga hal-hal yang cukup serius ( kerusakan pada komponen kamera ).


Namun untuk memastikan apa penyebab kamera kalian ngeblur, kalian dapat mencoba memperbaikinya terlebih dahulu menggunakan beberapa cara berikut :

Bersihkan Lensa Kamera Pada iPhone

Terlihat sepele, namun perlu kalian ketahui kamera depan iPhone dilapisi oleh lensa kaca, ketika lensa tersebut kotor tentu saja akan mengganggu pandangan kamera yang berujung dengan buramnya gambar. Untuk memperbaiki masalah ini cukup mudah, silahkan bersihkan lensa kamera iPhone kalian menggunakan kain halus. Jika sudah silahkan coba kembali.

Gambar contoh letak kamera belakang pada iPhone 6/Plus, 7/Plus, 8/Plus ( kiri ) dan iPhone X, XR, XS/Max, 11, 11 Pro/Max ( kanan ).


Gambar contoh letak kamera depan pada iPhone 6/Plus, 7/Plus, 8/Plus ( kiri ) dan iPhone X, XR, XS/Max, 11, 11 Pro/Max ( kanan ).


Restart iPhone

Bisa saja blurnya kamera pada iPhone kalian disebabkan oleh kesalahan ( bug ) pada iOS ataupun aplikasi kamera itu sendiri. Untuk mengatasinya cukup mudah, silahkan restart iPhone kalian dengan cara mematikannya selama 30 detik - 1 menit, setelah itu nyalakan kembali dan lihat hasilnya.

Atur Ulang Pengaturan iPhone

Sama seperti diatas untuk cara ke dua memperbaiki kamera iPhone yang buram diakibatkan oleh kesalahan iOS, kalian dapat mengatur ulang pengaturan pada iPhone. Caranya silahkan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Atur Ulang Pengaturan. Ingat cara ini akan mengatur ulang semua pengaturan pada iPhone ( tanpa menghapus data ).


Update ke iOS Versi Terbaru

Cara ketiga untuk memastikan tidak ada yang salah dengan iOS yang kalian gunakan, coba update iOS pada iPhone kalian ke versi terbaru yang tersedia saat ini. Sebelumnya pastikan kalian sudah menggunakan jaringan Wi-Fi dan memiliki baterai minimal 50%, jika sudah lanjutkan dengan membuka aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak. Kemudian download dan Install pembaruan yang tersedia.


Pastikan Sedang Tidak Berada Pada Area Lembab

Ruangan atau area yang lembab, dapat menyebabkan embun air yang akan menempel pada layar iPhone, tentu saja embun tersebut dapat menutupi kamera iPhone yang berujung pada buramnya gambar. Jadi pastikan kalian sedang tidak diruangan berembun ( misalnya sauna atau permandian air panas ), kemudian bersihkan layar iPhone kalian hingga kering dengan lap yang lembut dan coba lihat kembali hasilnya.

Cek Apakah iPhone Habis Terendam Air


Apakah iPhone tersebut pernah terendam air sebelumnya? jika ya, kemungkinan besar air tersebut sudah memasuki lensa kamera iPhone kalian. Coba perhatikan baik-baik lensa kamera tersebut terdapat embun atau tidak ( gunakan senter / cahaya ). Jika ya, untuk memperbaiki masalah tersebut silahkan keringkan terlebih dahulu iPhonenya. Apabila memungkinkan silahkan bersihkan sisa-sisa air dalam iPhone dengan membuka iPhone tersebut, jika ragu silahkan bawa ke tempat perbaikan iPhone / authorized Apple Store di Indonesia.

Kamera Blur Setelah Update iOS

Apabila kamera yang blur tersebut muncul setelah melakukan update iOS, silahkan downgrade versi iOS kalian menggunakan IPSW ( mode restore melalui iTunes ), caranya silahkan baca pada postingan berikut : Cara Download, Install dan Restore IPSW / Firmware iOS iPhone

Solusi Terakhir...

Semua cara-cara diatas sudah dicoba namun tidak membuahkan hasil? ya.. kemungkinan besar 99% masalah ini disebabkan oleh kerusakan komponen kamera. Untuk memperbaikinya tidak ada cara lain selain melakukan penggantian komponen kamera yang rusak tersebut.

Untuk lebih pastinya kalian disarankan untuk membawa iPhone tersebut ke Authorized Apple di Indonesia untuk dicek lebih pasti kerusakannya. Atau apabila masih dalam masa garansi, sebaiknya digaransikan saja iPhone. Sebelum masuk ke garansi silahkan backup data-data penting dan hapus seluruh data pada iPhone melalui menu Pengaturan > Umum > Atur Ulang.

Baik sekian informasi penyebab dan cara memperbaiki kamera iPhone yang ngeblur, buram dan tidak jelas / fokus. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!