Cara Cek Cycle Count Baterai iPhone di PC dengan 3uTools

Cycle Count atau Jumlah Siklus pada baterai iPhone merupakan salah satu indikator yang menunjukkan sudah berapa kali baterai pada iPhone diisi daya selama digunakan. Namun perlu diperhatikan Cycle Count disini merujuk pada siklus pengisian baterai hingga 100%. Sebagai contoh admin mengisi daya baterai iPhone dari 40% hingga 90% yang artinya admin hanya mengisi daya baterai sebanyak 50% saja, maka dari itu belum dapat dihitung sebagai 1 cycle count atau pengisian daya penuh. Jadi intinya jumlah pengisian daya hingga 100% baru dapat dihitung sebagai 1 cycle count.


Bagi pengguna MacOS memang melihat Cycle Count baterai iPhone, iPad maupun iPod touch dapat dilakukan dengan mudah melalui coconutBattery, namun bagi pengguna PC Windows? tenang saja kalian dapat menggunakan aplikasi bernama 3uTools. Aplikasi 3uTools sendiri merupakan salah satu aplikasi manajemen iPhone yang sangat lengkap dan cukup populer saat ini. Selain dapat melihat Cycle Count baterai pada iPhone aplikasi 3uTools juga menyediakan berbagai menu dan fitur tambahan lainnya yang dapat kalian akses secara gratis.

Baik kalau begitu langsung saja ikuti cara-cara berikut ini untuk melakukan pengecekan Cycle Count / Jumlah pengisian daya baterai pada iPhone, iPad dan iPod menggunakan aplikasi 3uTools.

#1 : Pertama pastikan kalian sudah menginstall iTunes dan aplikasi 3uTools, jika belum silahkan download melalui link berikut.

Download - iTunes ( iTunes tetap dibutuhkan sebagai driver iPhone )
Download - 3uTools

#2 : Setelah terinstall silahkan sambungkan iPhone kalian ke komputer menggunakan kabel data lalu buka aplikasi 3uTools ( jangan lupa buka password pada iPhone kalian dan tap Percayai jika diminta )

#3 : Sekarang jika iPhone kalian sudah terdeteksi oleh aplikasi 3uTools, silahkan lihat pada menu Charge Times


#4 : Pada menu Charge Times tersebutlah jumlah Cycle Count baterai iPhone kalian, untuk lebih detailnya kalian bisa klik menu Details disamping menu Battery Life.


Bagaimana menurut kalian? melalui menu Detail Baterai diatas kalian juga dapat melihat informasi lengkap dari baterai iPhone, seperti temperatur, tanggal produksi, manufaktur, battery life ( kesehatan baterai ), serial number baterai dan lain sebagainya.

Baik sekian informasi cara cek Cycle Count / Jumlah Pengisian Daya baterai pada iPhone, iPad dan iPod touch melalui komputer / laptop Windows menggunakan aplikasi 3uTools. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!