Cara Mengatasi iPhone 6, 6S, SE, 7 dan 8 Ngelag dan Panas

Bagi yang mengalami ngelag saat menggunakan iPhone, apalagi lag tersebut tiba-tiba saja muncul. Pada postingan kali ini admin akan memberikan solusi dan cara yang dapat kalian gunakan untuk mengatasi masalah tersebut, terkhusus bagi pengguna iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6S, iPhone 6S Plus, iPhone SE, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus.


Lag pada iPhone memang adalah hal yang sangat menyebalkan, selain membuat iPhone menjadi tidak responsif, suhu pada iPhone cenderung menjadi lebih panas. Penyebab masalah tersebut bermacam-macam, bisa dari software iOS ataupun hardware ( iPhone itu sendiri ). Untuk memastikan hal tersebut kalian dapat mencoba beberapa cara berikut ini untuk memperbaikinya.

Tutup Semua Aplikasi

Langkah pertama yang dapat kalian coba adalah dengan menutup semua aplikasi yang terbuka dan berjalan dilatar belakang. Bagi yang belum tahu caranya, silahkan tekan dua kali tombol home kemudian swipe seluruh aplikasi yang terbuka ke arah atas untuk menutup. Jika sudah silahkan lihat perbedaannya.


Restart iPhone

Restart atau memulai ulang sistem iPhone biasanya merupakan cara paling manjur untuk menghilangkan lag. Silahkan coba restart iPhone kalian, sederhananya matikan iPhone selama 30 detik kemudian nyalakan kembali dan lihat hasilnya.

Gunakan Force Restart

Apabila iPhone kalian menjadi tidak responsif dan tidak mau disentuh, cara yang dapat kalian lakukan utnuk mengatasinya adalah dengan Force Restart alias Restart Paksa. Cara ini berfungsi untuk merestart sistem iPhone secara paksa karena ( stuck, freeze atau ngehang ). Untuk melakukan force restart silahkan ikuti cara berikut :

*Khusus iPhone 6 / Plus, 6S / Plus dan SE : Tekan dan Tahan tombol Power / Lock bersamaan dengan tombol Home hingga iPhone restart dan menampilkan logo Apple.

*Khusus iPhone 7 dan 7 Plus : Tekan dan Tahan tombol Power / Lock bersamaan dengan tombol Volume Bawah hingga iPhone restart dan menampilkan logo Apple.

*Khusus iPhone 8 dan 8 Plus : Lakukan dengan cepat, pertama tekan tombol Volume Atas kemudian lepas, lalu tekan tombol Volume Bawah kemudian lepas, yang terakhir tekan dan tahan terus tombol Power / Lock hingga iPhone restart dan menampilkan logo Apple.

Update Aplikasi Ke Versi Terbaru

Apabila lag hanya dialami saat membuka aplikasi tertentu, kalian bisa mengupdate aplikasi tersebut ke versi terbaru apabila tersedia. Caranya silahkan buka App Store kemudian tap pada icon akun Apple ID kalian ( dipojok kanan atas ), kemudian seret layar ke bawah untuk mengambil data pembaruan aplikasi terbaru yang tersedia, jika sudah tap perbarui pada aplikasi yang diinginkan.


Hentikan Proses Backup iCloud

iCloud memang penting untuk membackup ( menyimpan ) foto-foto kalian di server iCloud, namun dalam beberapa kasus tertentu, proses backup dapat membuat iPhone menjadi lag dan cepat panas. Apalagi jika koneksi internet sedang tidak stabil. Untuk mengatasi masalah ini kalian dapat menonaktifkan sementara backup iCloud melalui Pengaturan > Foto > Foto iCloud. Jika sudah silahkan restart iPhone kalian kemudian nyalakan kembali menu tersebut.

Reset Pengaturan iPhone

Selanjutnya, pertimbangkan untuk mereset ( mengatur ulang ) pengaturan pada iPhone kalian ke pengaturan awal ( pabrik ). Namun tenang cara ini tidak akan menghapus data-data pada iPhone, hanya saja beberapa pengaturan yang sudah dibuat akan kembali direset ke pengaturan awal. Untuk menggunakan cara ini silahkan masuk ke Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Atur Ulang Pengaturan.


Update ke iOS Versi Terbaru

Selanjutnya kalian bisa mengupdate versi iOS pada iPhone kalian ke versi terbaru yang tersedia saat ini. Sebelum melanjutkan pastikan iPhone kalian memiliki minimal 50% baterai dan terhubung ke jaringan Wi-Fi yang cukup kencang dan stabil. Jika sudah masuk ke aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak untuk download dan install update iOS terbaru ( apabila tersedia ).

iPhone Lag Saat Di Charge Saja?

Ya, jika iPhone kalian ternyata lag saat di charge saja, pastikan kalian menggunakan kabel charger yang asli ( original ).

Reset iPhone Ke Pengaturan Pabrik dan Hapus Seluruh Data Pada iPhone

Selanjutnya apabila cara-cara diatas sudah diterapkan namun tidak ada yang berhasil, kalian bisa mencoba menghapus seluruh data pada iPhone kalian dan mengembalikkannya seperti baru kembali. Namun ingat silahkan backup data-data penting kalian sebelum melanjutkan, karena sekali lagi cara ini akan menghapus seluruh data pada iPhone kalian. Jika sudah untuk mereset seluruh data pada iPhone terdapat dua cara yang dapat digunakan, yaitu :

*Reset Langsung di iPhone : Caranya silahkan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Hapus Konten & Pengaturan. Kemudian ikuti instruksi yang diperintahkan layar selanjutnya.


*Menggunakan iTunes di Komputer : Caranya silahkan hubungkan iPhone kalian ke iTunes dengan kabel data, kemudian buka aplikasi iTunes di komputer lalu klik pada iPhone kalian dan yang terakhir klik menu Restore iPhone.. kemudian ikuti instruksi yang diperintahkan oleh iTunes selanjutnya.

Reset iPhone Melalui Metode Recovery

Bila cara-cara diatas tidak juga membuahkan hasil, coba reset iPhone kalian melalui metode Recovery di iTunes. Caranya? silahkan baca pada postingan berikut : Cara Install Ulang iOS iPhone Menggunakan Mode Recovery

Cek Kesehatan Baterai iPhone

Terakhir, hal ini banyak yang tidak disadari pengguna bahwa baterai pada iPhone mereka sudah mulai menurun kesehatannya. Ingat kesehatan baterai pada iPhone yang semakin memburuk dapat menyebabkan masalah dan salah satunya iPhone yang tiba-tiba lag dan cepat panas. Untuk mengecek kesehatan baterai pada iPhone kalian silahkan masuk ke aplikasi Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai. Apabila kapasitas maksimum menunjukkan dibawah angka 70% bahkan 60%, ada baiknya kalian pertimbangkan untuk mengganti baterai tersebut ke yang baru.


Baik sekian cara-cara mengatasi lag pada  iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6S, iPhone 6S Plus, iPhone SE, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau mungkina ada yang mau menyampaikan sesuatu? silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!