Cara Mengatasi iPhone & iPad Tidak Dapat Memeriksa Pembaruan

Mengupdate software iOS ke versi terbaru merupakan hal yang penting dilakukan demi menjaga agar iPhone kita tetap stabil, optimal dan juga aman. Namun beberapa pengguna iPhone dan iPad mendapatkan masalah yang tiba-tiba muncul saat ingin memeriksa pembaruan, yaitu pesan Tidak Dapat Memeriksa Pembaruan ( Terjadi kesalahan saat memeriksa pembaruan perangkat lunak. ).


Penyebab masalah tersebut bermacam-macam namun masalah ini bukanlah masalah yang besar dan dapat diatasi dengan cukup mudah. Nah pada postingan kali ini admin akan membagikan cara-cara yang dapat kalian lakukan untuk memperbaiki masalah tersebut, sehingga kalian dapat memeriksa kembali update iOS versi terbaru :) baik kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya dibawah ini.

Pastikan iPhone Terhubung ke Jaringan Internet ( Wi-FI )

Untuk saat ini pembaruan iOS pada iPhone hanya dapat dilakukan dengan baik melalui sambungan Wi-Fi yang stabil dan kencang, jadi pastikan iPhone kalian menggunakan jaringan Wi-Fi. Selain itu periksa juga apakah jaringan internet pada iPhone kalain berjalan dengan baik, cara sederhanya coba buka YouTube, App Store atau apapun itu untuk menguji apakah internet berjalan dengan baik.


Restart Jaringan

Dalam beberapa kasus tertentu terjadi kesalahan antara server Apple dan jaringan internet yang kalian gunakan, coba restart jaringan Wi-Fi kalian atau putuskan sambungan Wi-Fi dari iPhone kemudian sambungkan kembali ( coba juga nyalakan mode pesawat pada iPhone kemudian 10 detik silahkan matikan kembali )

Restart iPhone

Silahkan coba mulai kembali iPhone kalian ( restart ), cara sederhananya silahkan matikan iPhone selama sekitar 1 menit, kemudian nyalakan kembali dan silahkan coba lagi.

Gunakan Jaringan Internet Wi-Fi Lainnya

Bila cara-cara diatas tidak membuahkan hasil, coba gunakan jaringan Wi-Fi yang lainnya dan coba kembali.

Atur Tanggal Dan Waktu Otomatis

Paastikan tanggal dan waktu di iPhone kalian sudah benar dan sesuai, jika belum silahkan atur secara otomatis melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Tanggal & Waktu kemudian nyalakan menu Atur Secara Otomatis.


Reset Pengaturan iPhone

Apabila cara-cara diatas tidak juga berhasil, kalian bisa mencoba untuk mereset ( mengembalikan ) pengaturan iPhone kalian ke pengaturan awal. Tenang saja cara ini tidak akan menghapus data-data pada iPhone kalian. Untuk melakukannya silahkan masuk ke aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Atur Ulang Pengaturan.


Tunggu dan Coba Lagi Nanti

Sebelum masuk ke cara selanjutnya, kalian bisa menunggu beberapa saat kemudian mencobanya kembali, bisa jadi server Apple sedang mengalami masalah.

Update Manual Melalui iTunes

Terakhir jika masih juga tidak bisa, kalian dapat melakukan update iOS secara manual melalui iTunes di komputer. Caranya mudah,

#1 : Pertama siapkan komputer yang sudah terinstall aplikasi iTunes ( download iTunes )

#2 : Kemudian sambungkan iPhone kalian ke iTunes menggunakan kabel data

#3 : Jika sudah buka aplikasi iTunes kemudian klik iPhone kalian ( icon kecil dibagian atas )

#4 : Selanjutnya klik menu Update dan ikuti proses download dan installnya hingga selesai, ingat selama proses download dan install jangan putuskan sambungan iPhone kalian dari komputer

Update Manual Melalui IPSW

Selanjutnya kalian bisa coba mengupdate iOS pada iPhone kalian dengan metode IPSW atau menginstall file mentah iOS ke dalam iPhone secara manual. Untuk cara lengkapnya silahkan baca pada postingan berikut : Cara Download, Install dan Restore IPSW / Firmware iOS iPhone

Jangan Update iPhone Yang Sudah Di Jailbreak!

Jika iPhone kalian dalam keadaan terjailbreak pastikan untuk tidak mengupdate iOS, sebab jika hal tersebut dilakukan iPhone kalian akan mengalami masalah dan menyangkut di logo Apple. Dan untuk mengatasi masalah tersebut mau tidak mau kalian harus menggunakan cara update melalui mode Recovery. Maka dari itu beberapa developer jailbreak membuat tweak khusus untuk memblock akses update iOS.

Bagaimana apakah cara-cara diatas sudah berhasil memperbaiki iPhone kalian yang tidak dapat memeriksa pembaruan? saya harap sudah ya.. hehe. Baik sekian informasi kali ini apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!