Cara Mengatasi Modem MiFi No Service / Tidak Ada Sinyal

MiFi adalah salah satu modem WiFi portable yang bisa kita bawa kemana-mana, selain praktis jaringan internet bisa dibagikan ke lebih dari 1 pengguna.

Dan seperti yang kita ketahui juga MiFi menggunakan jaringan kartu SIM Card dari berbagai operator seluler entah yang sudah dipaketkan atau bebas menggunakan operator manapun.


Namun dalam beberapa kasus tertentu tidak sedikit pengguna MiFi yang mengalami masalah kehilangan jaringan internet dengan pesan "No Service" atau "Tidak Ada Sinyal". Masalah ini kadang dirasakan banyak pengguna MiFi dari berbagai macam model, seperti MiFi Huawei, Bolt, Smartfren Andromax dan lain sebagainya.

Nah, pada postingan kali ini admin akan membagikan cara-cara mengatasi masalah tersebut, kalau begitu langsung saja ikuti beberapa cara di bawah ini.

Restart MiFi

Langkah pertama coba restart MiFi kalian, caranya mudah silakan matikan MiFi kemudian setelah 30 detik, silakan nyalakan kembali dan cek kembali jaringannya. Atau kalian bisa mencabut baterai pada MiFi kemudian memasangnya kembali.

Pasang Kembali Kartu SIM

Ada kemungkinan kartu SIM dalam MiFi kendur akibat terjatuh atau terbentur, coba buka modem MiFi kalian lalu lepas baterai kemudian copot kartu SIM dari tempatnya, setelah itu bersihkan terlebih dahulu kartu SIM dan Sim Tray (pastikan tidak ada kotoran yang menempel), jika sudah silakan pasang kembali dan nyalakan kembali MiFi kalian.

Gangguan Jaringan

Terkadang operator jaringan yang kalian gunakan melakukan perawatan jaringan rutin, dampaknya jaringan akan sementara dimatikan yang berdampak pada No Service/Tidak Ada Sinyal. Coba tunggu beberapa saat hingga jaringan kembali pulih.

Berada Pada Daerah Dengan Jaringan Lemah

Jika kalian sedang berlibur atau bepergian ke suatu tempat, ada kemungkinan jaringan operator yang kalian gunakan sangat sulit didapatkan pada daerah tersebut. Kemungkinan lainnya adalah cuaca yang sedang buruk sampai pemadaman listrik yang juga kadang berpengaruh pada tower pemancar sinyal operator yang tidak dapat beroperasi dengan baik.

Coba Kartu SIM Lain

Hal ini merupakan salah satu masalah yang pernah admin alami, dimana kartu SIM yang admin masukkan ternyata sudah tidak aktif lagi. Solusinya coba gunakan kartu SIM lain dan lihat hasilnya.

Cek Apakah MiFi Terikat Pada Operator Tertentu?

Ini yang tidak kalah penting, coba cek kembali apakah MiFi yang kalian gunakan merupakan MiFi versi Lock atau Unlocked. Jika Lock berarti MiFi tersebut terikat untuk menggunakan operator terentu (biasanya sudah dipaketkan). Sedangkan MiFi Unlocked dapat menggunakan semua jaringan operator manapun.

Update Software/Firmware MiFi

Hampir semua MiFi dilengkapi dengan fitur untuk mengupdate firmware/software, silakan update software dari masing-masing MiFi ke versi terbaru melalui aplikasi MiFi masing-masing.


Reset MiFi Ke Pengaturan Pabrik

Bila cara-cara diatas tidak juga membuahkan hasil, kalian bisa coba mereset MiFi kalian ke pengaturan pabrik. Ingat setiap MiFi memiliki metode reset yang berbeda-beda, namun kebanyakan menyediakan tombol Reset yang terdapat dalam MiFi.

Caranya? coba buka case bagian belakang MiFi kalian kemudian cari dan tekan tombol Reset (tombolnya kecil, gunakan pinset atau sejenisnya)


Solusi Terakhir

Apabila cara-cara diatas tidak juga membuahkan hasil, ada kemungkinan WiFi yang kalian gunakan bermasalah dari mesinnya (komponen ada yang rusak). Kalian bisa membawa MiFi tersebut ke service center sesuai merk MiFi atau ke tempat service smartphone yang bisa memperbaiki MiFi.

Baik sekian cara-cara mengatasi modem MiFi yang tidak mendapatkan sinyal "No Service/Tidak Ada Sinyal". Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!