Cara Melihat & Menyalin Koordinat Google Maps di Android, iPhone, PC

Koordinat pada Google Maps digunakan untuk menujukkan sebuah titik lokasi yang sudah dipilih atau ditandai sebelumnya dan titik lokasi tersebut akan diimplementasikan dalam bentuk angka koordinat. Dengan menggunakan Koordinat kalian lebih mudah menyimpan dan menentukan sebuah titik lokasi yang lebih akurat, cara ini juga sangat cocok apabila digunakan untuk membagikan lokasi agar lebih mudah ditemukan.


Untuk menemukan dan menyalin (copy) titik koordinat pada Google Maps caranya sangatlah mudah, kalau begitu langsung saja ikuti cara berikut tergantung perangkat yang digunakan masing-masing.

Pengguna Aplikasi Google Maps Android

#1 : Silahkan buka aplikasi Google Maps perangkat Android kalian, kemudian tap dan tahan pada titik lokasi yang diinginkan hingga muncul Pin berwarna merah. (contohnya lihat gambar di bawah)

#2 : Setelah itu tap pada Pin merah tersebut


#3 : Kemudian apabila menu sudah terbuka silahkan tap dan tahan pada angka koordinat untuk menyalin koordinat tersebut


Pengguna Aplikasi Google Maps iOS / iPadOS

#1 : Silahkan buka aplikasi Google Maps pada iPhone / iPad kalian, kemudian tap dan tahan pada titik lokasi yang diinginkan hingga muncul Pin berwarna merah. (contohnya lihat gambar di bawah)


#2 : Jika sudah seret menu yang ditunjukkan gambar diatas (letakknya dibagian bawah layar) ke arah atas untuk menampilkan detail lokasi Pin

#3 : Terakhir silahkan tekan dan tahan angka Koordinat seperti yang ditunjukkan gambar di bawah, lalu tap Salin


Pengguna Google Maps Web Browser PC

#1 : Silahkan buka web Google Maps kemudian pasang pin pada titik lokasi yang diinginkan (klik kiri)

#2 : Setelah itu akan muncul angka koordinat pada menu di bagian bawah Maps


#3 : Kalian tinggal menyalin / copy saja angka koordinat tersebut menggunakan mouse (tahan klik kiri kemudian seret keseluruh angka koordinat, klik kanan lalu pilih copy)

Bagaimana gampang kan? untuk mengaplikasikan atau mencari titik lokasi menggunakan koordinat kalian tinggal memasukkan angka koordinat tersebut ke kolom pencarian Google Maps dan lokasi pada koordinat secara otomatis akan di tunjukkan dalam map.

Baik sekian informasi cara melihat dan menyalin koordinat pada aplikasi Google Maps di iPhone dan Android maupun Google Maps web di PC. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.