Cara Melihat Uptime iPhone & iPad Tanpa Jailbreak

Uptime atau Waktu Operasi biasanya digunakan untuk mengetahui sudah seberapa lama sistem berjalan atau beroperasi saat terakhir kali dinyalakan. Sebagai contoh, kalian menyalakan iPhone dari jam 7 pagi hingga jam 9 malam, ini berarti uptime iPhone kalian sampai jam 9 malam sudah mencapai 14 jam sejak terakhir kali dinyalakan.

Selain dapat menjadi indikator sudah berapa lama iPhone tersebut beroperasi semenjak terakhir kali dinyalakan, uptime juga sering kali digunakan oleh pengguna jailbreak untuk melihat kestabilan sistem pada perangkat mereka.


Nah pada postingan kali ini admin akan membagikan cara melihat uptime di iPhone, iPad ataupun iPod touch kalian tanpa harus melakukan Jailbreak. Bagi yang sudah jailbreak admin juga akan membagikan cara melihat uptime melalui perintah Terminal. Baik kalau begitu langsung saja berikut cara-caranya.

Cara Melihat Uptime iPhone & iPad Tanpa Jailbreak

Caranya mudah sekali, disini kita akan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yaitu " Usage ". Selain untuk memantau uptime, aplikasi tersebut dapat memantau teknis detail perangkat kalian mulai dari penggunaan cpu, ram, penyimpanan, last boot dan lain sebagainya. Kalian juga dapat menambahkan informasi-informasi tersebut ke dalam Widget.

#1 : Pertama-tama silahkan download terlebih dahulu aplikasi Usage melalui link berikut ( gratis kok ) : Download - Usage: System Activity & Info via App Store

#2 : Jika sudah buka aplikasi Usage kemudian seret ke bagian bawah dan cek pada menu Up time


#3 : Kalian juga bisa menambahkan informasi-informasi yang ada dalam aplikasi Usage ke Widget di iPhone, iPad atau iPod touch kalian.


Bagaimana gampang kan? nah khusus yang sudah jailbreak kalian bisa mengikuti cara di bawah berikut yang lebih simple dan cepat.

Cara Melihat Uptime Khusus Pengguna Jailbreak

Khusus pengguna jailbreak pastikan kalian sudah menginstall tweak untuk menjalankan perintah terminal seperti NewTerm ( cari di Cydia atau Sileo gratis kok ). Jika sudah lanjutkan cara berikut.

#1 : Buka aplikasi Terminal / NewTerm

#2 : Kemudian ketikkan kata " uptime " tanpa tanda petik ya..


#3 : Jika sudah tap return pada keyboard dan lihat hasilnya


Baik sekian informasi cara melihat uptime di iPhone, iPad dan iPod touch. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih!