Cara Cek / Diagnosa Kerusakan pada iPhone & iPad menggunakan Aplikasi

Memiliki iPhone, iPad atau iPod touch dengan keadaan yang normal tentu saja merupakan hal yang sangat diinginkan setiap pengguna, tentu, kita sama-sama tidak menginginkan memiliki iPhone yang memiliki kerusakan tertentu, karena hal tersebut akan mengurangi pengalaman dalam penggunaan sehari-hari.


Untuk itu pada postingan kali ini, admin akan membagikan cara mudah dan sederhana untuk mendiagnosa / cek seluruh fungsi pada iPhone, apakah ada fungsi dan hardware yang bermasalah atau tidak langsung melalui aplikasi yang bisa kalian download melalui App Store di iPhone, iPad atau iPod touch.

Kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini :

Cara Cek / Diagnosa Kerusakan pada iPhone dan iPad menggunakan Aplikasi

Disini kita akan download aplikasi untuk menguji seluruh fungsi pada iPhone termasuk juga fungsi sensor-sensor (kamera, gps, accelerometer, faceid / touchid dll.), aplikasi yang dapat kalian gunakan bervariasi seperti TestM, toolChecker, PhoneDiagnostic, Phone Test: check & monitor dll. khusus pada postingan kali ini admin akan menggunakan aplikasi TestM.

#1 : Pertama silahkan download aplikasi untuk menguji kerusakan pada iPhone, disini admin menyarankan aplikasi TestM, silahkan download melalui link berikut : Download TestM - App Store

#2 : Jika sudah buka aplikasi TestM lalu izinkan apabila aplikasi meminta izin akses ke beberapa fungsi yang nantinya digunakan untuk pengujian

Baca Juga : Penyebab Kesehatan Baterai iPhone yang Cepat Menurun

#3 : Apabila sudah sekarang pada aplikasi TestM silahkan kalian pilih menu ingin menguji fungsi dari bagian apa saja (ada kamera, headphone, earpiece, microphone, sensor cahaya, gyroscope, gps, kamera depan-belakang, fungsi tombol, konektivitas dan masih banyak lagi)


#4 : Atau ada baiknya kalian menggunakan mode Full Test untuk menguji seluruh fungsi dan hardware pada iPhone apakah berjalan dengan normal atau tidak


#5 : Jika sudah kalian bisa mengikuti seluruh instruksi yang diberikan oleh aplikasi tersebut, jika berhasil maka aplikasi akan memberikan pesan Passed / Good Job, ya kira-kira seperti itu.


Bagaimana gampang kan? cara-cara di atas cocok diterapkan apabila kalian baru saja membeli iPhone entah baru, second atau bagi teknisi aplikasi ini dapat menyetak hasil diagnosa yang nantinya akan diserahkan ke kostumer. Untuk aplikasi lainnya selain TestM bisa kalian coba sendiri kira-kira fungsinya sama saja, hanya tampilan yang berbeda.

Jangan lupa selain itu cek juga apakah iPhone yang kalian miliki tersebut merupakan iPhone refurbished yang sebelumnya sudah pernah dibongkar? cek secara akurat melalui postingan berikut :


Baik sekian informasi cara mendiagnosa / cek kerusakan pada iPhone, iPad dan iPod touch tanpa bantuan komputer. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.