Cara Membatalkan & Menghapus Backup WhatsApp di iPhone

Bagi pengguna iOS iPhone, iPod touch dan iPadOS iPad, pada postingan kali ini admin akan membagikan cara untuk menghentikan, membatalkan, menghapus dan mematikan backup otomatis (chat dan file media) pada aplikasi WhatsApp.


Memang melakukan backup penting untuk menjaga sewaktu-waktu ada yang dibutuhkan, namun tidak semua orang menganggap backup itu sebuah keharusan yang penting, apalagi buat kalian yang memang sangat menjaga privasi, atau juga mungkin ingin menghemat penggunaan data internet karena ukuran backupnya terlalu besar? intinya terserah kalian saja hehe.

Baik kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Cara Membatalkan / Cancel Backup WhatsApp di iPhone

Untuk saat ini WhatsApp di iPhone tidak memiliki tombol menu untuk membatalkan backup yang sedang berlangsung, maka dari itu untuk membatalkan backup tersebut mau tidak mau kalian harus menonaktifkan izin aplikasi WhatsApp dari akses penggunaan pencandangan iCloud. Kalau begitu langsung saja berikut caranya.

1. Buka aplikasi Pengaturan

2. Kemudian tap pada akun iCloud kalian (letakknya dibagian paling atas)

3. Jika sudah pilih menu iCloud


4. Kemudian silakan cari dan nonaktifkan menu aplikasi WhatsApp


5. Jika sudah sekarang aplikasi WhatsApp sudah tidak lagi melakukan backup chat secara otomatis.


Lalu bagaimana cara menghapus data backup chat WhatsApp? mudah sekali masih di menu yang sama silakan ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Menghapus / Delete Backup WhatsApp di iPhone

1. Masih di menu Pengaturan > Akun iCloud > iCloud silakan pilih menu Kelola Penyimpanan lalu tap WhatsApp Meseenger


2. Selanjutnya tap Hapus Data kemudian tap lagi Hapus


3. Jika sudah maka data-data hasil backup WhatsApp di iPhone kalian sudah dihapus

Bagaimana, gampang kan? ya, memang jika dilihat dari cara pertama di atas cara yang digunakan untuk membatalkan proses backup adalah dengan mencabut izin aplikasi WhatsApp untuk menggunakan layanan backup iCloud, untuk kedepannya semoga WhatsApp merilis fitur yang dapat digunakan untuk membatalkan proses backup chat atau media yang sangat memakan waktu, data internet sampai terkadang stuck.

Baca Juga : Cara Mengembalikan Chat WhatsApp di iPhone yang Terhapus Permanen

Baik sekian dulu informasi cara membatalkan dan menghapus backup aplikasi WhatsApp di iPhone, iPad dan iPod touch, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.