Cara Menampilkan Kontrol Format Video Langsung dari Kamera iPhone

Bagi kalian pengguna iPhone, iPad dan iPod touch yang ingin mengubah frame rate (fps) dan format video langsung dari aplikasi Kamera iPhone, untuk saat ini di iOS 14 kalian sudah bisa melakukannya. Dengan adanya fitur ini tentu saja kalian tidak perlu lagi repot-repot masuk ke aplikasi Pengaturan hanya untuk mengubah format resolusi dan fps saat ingin merekam video.


Sebenarnya fitur untuk mengontrol format resolusi dan fps video langsung di aplikasi kamera sudah hadir sejak iOS 13, namun hanya terbatas / eksklusif untuk pengguna iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max saja.

Baca Juga : iOS 14 Hadirkan Fitur Selfie Mirror pada Kamera Depan iPhone

Nah mulai dari iOS 14 akhirnya Apple memutuskan untuk membawa kontrol Format Resolusi dan Framerate langsung pada aplikasi Kamera, kepada para pengguna iPhone lainnya sebut saja iPhone Xs / Max, Xr, X, 8 / Plus, 7 / Plus, 6S / Plus, SE dan SE 2020.

Kalau begitu langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut untuk menampilkan kontrol format, resolusi dan framerate video langsung dari aplikasi kamera iPhone, iPad ataupun iPod touch.

Cara Menampilkan Kontrol Format Video, Resolusi dan Framerate Langsung dari Aplikasi Kamera iPhone

Sebagai catatan, cara ini membutuhkan iPhone, iPad atau iPod touch yang sudah menggunakan minimal iOS 14 ataupun iPadOS 14 dan lebih baru

#1 : Pertama silahkan buka aplikasi Pengaturan kemudian cari dan pilih menu Kamera

#2 : Selanjutnya silahkan tap menu Rekam Video atau Rekam Slo-mo


#3 : Kemudian silahkan nyalakan menu Kontrol Format Video


#4 : Jika sudah sekarang buka aplikasi Kamera, lalu pada menu Video atau Slo-mo silahkan tap menu Format Resolusi maupun FPS yang berada dipojok kanan atas (contohnya bisa kalian lihat pada gambar di bawah berikut) untuk mengubahnya secara langsung


Bagaimana gampang kan? sekarang apabila kalian ingin merekam video agar dengan format tertentu, entah untuk mengurangi ukuran, mempertajam hasil dan lain sebagainya sudah bisa dilakukan langsung pada menu Video maupun Slo-mo ada aplikasi Kamera iPhone.

Baca Juga : Muncul Titik Hijau / Orange di Ujung kanan atas iPhone? apa itu?

Baik itu saja informasi cara menampilkan kontrol format video / framerate / resolusi langsung dari aplikasi kamera iPhone, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.

Baca Juga : iOS 14 Hadirkan Fitur Video QuickTake untuk iPhone Xr, Xs dan Xs Max