Cara Mengatasi HDD / SSD External terus-menerus Disconnecting dan Reconnecting

Salah satu masalah yang tidak jarang dialami pengguna HDD (hard disk) atau SSD (solid state drive) eksternal adalah, ketika dimana secara tiba-tiba hard drive eksternal kalian terputus sambungannya dari komputer / laptop kemudian terhubung kembali secara tiba-tiba dengan sendirinya, dan hal ini terus menerus terjadi secara berulang-ulang.


Usut punya usus usut, ternyata masalah ini sering di akibatkan oleh Pengaturan Power / Daya USB pada PC atau Laptop kalian, sehingga menyebabkan masalah pada daya HDD / SSD eksternal yang terputus dan tersambung tiba-tiba secara berulang-ulang dengan sendirinya.

Baca Juga : Cara Menambah Kapasitas Penampungan Recycle Bin di PC / Laptop

Untuk mengatasinya kalian bisa mengikuti Cara-Cara Mengatasi HDD / SSD External tiba-tiba Terputus dan Terhubung berikut ini :

Cara #1

#1 : Buka menu Control Panel kemudian pilih System & Security > Power Options

#2 : Jika sudah klik menu Change plan settings pada plan yang kalian gunakan

#3 : Selanjutnya pilih lagi menu Change advanced power settings

#4 : Lalu pada klik menu USB Settings > USB selective suspend setting

#5 : Sekarang ubah menu On Battery / Plugged in / Power dari Enabled menjadi Disabled


#6 : Terakhir silahkan klik Apply atau OK dan lihat hasilnya

Cara #2

Cara yang kedua terbilang cukup sederhana, silahkan pindahkan colokkan USB ke port lainnya atau jika awalnya kalian menggunakan Port USB 3.0 coba pindahkan ke Port USB 2.0, jika sudah silahkan lihat lagi hasilnya.

Cara #3

Cek kabel penghubung antara penyimpanan eksternal kalian ke PC, ada kalanya kabel connector tersebut mulai kendur dan tidak terpasang dengan baik.

Ada kalanya dengan hanya melakukan restart komputer masalah ini dapat teratasi, jadi jika cara-cara diatas tidak juga membuahkan hasil coba restart komputer kalian sebelum mengambil kesimpulan lainnya

Baca Juga : Cara Mengatur Kecerahan Laptop dengan Cepat dan Mudah - Windows 10

Bagaimana apakah sudah berhasil? kalau admin ketika mengalami masalah yang sama dan berhasil diperbaiki dengan cara yang pertama di atas, buat kalian sendiri semoga berhasil.

Baik itu saja informasi singkat cara mengatasi  HDD / SSD External tiba-tiba Disconnecting dan Reconnecting, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.