Muncul Titik Hijau / Orange di Ujung kanan atas iPhone? apa itu?

Bagi kalian pengguna iPhone, iPad maupun iPod touch yang mendapatkan indikator simbol titik bulat kecil berwarna Hijau atau Orange (oranye) yang berada tepat dipojok kanan atas, tidak perlu khawatir, titik hijau atau orange tersebut merupakan salah satu fitur privasi yang di bawa pertama kali oleh iOS 14.

Lalu apa sebenarnya maksud dan apa arti tanda titik Hijau atau Orange tersebut?

Indikator Titik Berwarna Hijau


Titik berwarna Hijau ini menandakan bahwa Kamera depan maupun belakang pada iPhone, sedang dalam keadaan berjalan atau digunakan, entah saat membuka aplikasi Kamera secara langsung maupun sebagai pertanda bahwa aplikasi yang kalian gunakan sedang mengakses kamera.

Baca Juga : Cara Menambahkan Widget di Home screen iOS 14

Jadi dari sini kalian bisa mengetahui apakah kamera pada iPhone sedang digunakan atau tidak, untuk berjaga-jaga agar tidak ada kesalahan pada aplikasi yang dapat mengganggu privasi kalian (mungkin sebagai contoh untuk menghindari aplikasi yang dapat mengambil gambar wajah kalian secara diam-diam).

Indikator Titik Berwarna Orange / Oranye


Titik berwarna Orange / Oranye merupakan tanda bahwa Mikrofon pada iPhone kalian sedang berjalan atau digunakan, misalnya saat sedang melakukan percakapan telepon, ingin mengirim pesan suara, mengakses siri sampai mengantisipasi jika ada aplikasi yang mungkin secara diam-diam merekam suara kalian.

Setelah kalian selesai menggunakan kamera dan mikrofon atau keduanya sudah tidak digunakan, maka titik indikator tersebut secara otomatis akan menghilang.

Baca Juga : iOS 14: Cara Tap Belakang iPhone untuk Screenshot, Lock, Mute dll

Memang disaat perilisan iOS 14 kemarin, Apple sangat menekankan pada keamanan dan privasi penggunanya, terutama untuk pencegahan apabila kalian mendapatkan beberapa aplikasi yang memang di temukan secara diam-diam memata-matai aktivitas kalian.

Nah menurut kalian sendiri bagaimana dengan adanya indikator baru pada iOS 14 tersebut? apakah kalian merasa privasi kalian lebih terjaga? silahkan tinggalkan pesan atau komentarnya pada kolom komentar di bawah ya.