Trik Cara Mengetahui iPhone Sudah di Jailbreak atau Belum

Jailbreak merupakan sebutan untuk membuka batasan-batasan pada perangkat buatan Apple seperti iOS: iPhone, iPod touch, iPadOS: iPad dan tvOS: Apple TV. Setelah melakukan jailbreak kalian bisa mengakses dan mengatur sendiri file pada iPhone kalian ke level yang lebih dalam, bahkan mengakses dan memodifikasi file root / sistem.


Hasil dari Jailbreak dapat dimanfaatkan untuk menginstall berbagai macam tema, aplikasi di luar App Store, tweak untuk merubah tampilan maupun menambah fungsi, mengakses file musik, foto, video hingga file aplikasi dan masih banyak lagi.

Apple sendiri secara tegas sangat menentang proses jailbreak dan tidak segan-segan untuk menghanguskan garansi apabila ketahuan melakukan jailbreak. Meskipun begitu Jailbreak merupakan proses yang dikecualikan dan legal di bawah DMCA.

Lalu bagaimana cara mengetahui apakah iPhone, iPad atau iPod touch kalian sudah di jailbreak atau belum? caranya sangat mudah, terdapat banyak cara dan ciri-ciri sederhana yang dapat kalian gunakan untuk mengetahuinya, kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Trik Cara Cek / Mengetahui iPhone Dalam keadaan Jailbreak atau Tidak + Ciri-cirinya

Beberapa cara di bawah dapat kalian gunakan tanpa harus menggunakan bantuan dari PC, meskipun ada juga cara yang membutuhkan bantuan dari PC. Untuk cara #1 dan cara ke #2 admin rasa sudah cukup membuktikan apakah iPhone kalian dalam keadaan terjailbreak atau tidak. Kalau begitu langsung saja :

Cara #1 : Terdapat Aplikasi Manajemen Jailbreak seperti "Cydia" atau "Sileo"

Setelah melakukan proses jailbreaking akan muncul sebuah aplikasi yang digunakan secara default (bawaan) untuk memanajemen jailbreak di perangkat kalian, aplikasi manajemen jailbreak ini adalah Cydia atau Sileo.

Jadi mudah sekali apabila kalian menemukan aplikasi Cydia atau Sileo pada perangkat kalian maka bisa dipastikan bahwa perangkat kalian sudah melalui proses Jailbreak dan sudah terjailbreak. Berikut adalah tampilan dari aplikasi Cydia dan Sileo.

Cara #2 : Restart iPhone dan Coba Install Aplikasi Banking

Trik selanjutnya kalian bisa memanfaatkan aplikasi Banking untuk mengecek apakah iPhone kalian sudah di jailbreak atau belum. Kok bisa? bisa dong karena aplikasi Banking merupakan aplikasi yang paling sensitif soal keamanan, sehingga apabila iPhone kalian telah di jailbreak maka aplikasi Banking akan segera mendeteksinya.

Namun sebelumnya silahkan restart iPhone kalian kemudian install salah satu aplikasi banking seperti Mandiri Online, BCA Mobile dll. Jika sudah, apabila saat membuka salah satu aplikasi banking tersebut muncul peringatan yang kira-kira menandakan iPhone telah di root / jailbreak seperti contoh gambar berikut :


Hal tersebut menandakan iPhone, iPad atau iPod touch kalian sudah dalam keadaan di Jailbreak. Namun jika tidak dan lancar-lancar saja saat di buka maka bisa dipastikan iPhone kalian tidak dalam keadaan terjailbreak.

Cara #3 : Gunakan aplikasi 3uTools di PC

Sedang dekat dengan komputer? kalian bisa memanfaatkan aplikasi 3uTools untuk mendeteksi apakah perangkat kalian dalam keadaan jailbreak atau tidak. Caranya?

Pastikan di komputer kalian sudah terinstall aplikasi 3uTools dan iTunes, jika belum silahkan download melalui link berikut :


Jika sudah sambungkan iPhone kalian menggunakan kabel data lalu buka aplikasi 3uTools (silahkan tap izinkan dan trust pada iPhone jika diminta). Apabila perangkat kalian sudah terdeteksi, silahkan perhatikan menu Jailbroken, apabila menunjukkan status Yes berarti iPhone telah di jailbreak.


Baik itu saja trik cara mudah mengetahui apakah iOS iPhone, iPod touch atau iPadOS iPad kalian dalam keadaan terjailbreak atau tidak. Untuk cara-cara diatas bisa admin pastikan sendiri keakuratannya, namun jika ragu kalian bisa merestore iPhone kalian melalui iTunes.

Lalu apabila memang iPhone kalian terdeksi dalam keadaan Jailbreak dan kalian ingin menghilangkannya, kalian cukup melakukan restore iOS melalui iTunes atau menggunakan IPSW ( disarankan ), caranya bisa kalian baca pada postingan berikut : Cara Lengkap Menghapus Total Jailbreak di iPhone pada iOS versi Berapapun

Namun apabila kalian ingin mempertahankan jailbreak pada iPhone tersebut, kalian bisa membaca postingan berikut apa yang dapat dan harus kalian lakukan ketika pertama kali melakukan jailbreak : Hal-hal yang Perlu Dilakukan Setelah Jailbreak iPhone & iPad - Untuk Pemula

Oke sekian dulu informasi trik-trik dan cara mengetahui apakah iPhone sudah di Jailbreak atau Belum. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih!