Fungsi dan Arti Tanda Icon Bulan Sabit di iPhone / iPad

Apakah kalian pernah berpikir apa fungsi dari mode dengan icon Bulan Sabit pada iPhone? tidak jarang entah disengaja atau tidak sengaja, indikator icon bulan sabit tersebut juga muncul pada panel status bar iPhone, lalu apa fungsi sebenarnya icon / lambang / logo bulan sabit tersebut?


Icon, lambang atau logo Bulan Sabit pada iPhone dan iPad tersebut sebenarnya merupakan Mode Jangan Ganggu (do not disturb). Ya, mode jangan ganggu adalah mode yang berfungsi untuk membuat iPhone silent (diam) selama diaktifkan, contohnya saja seperti menonaktifkan suara dan panel notifikasi, panggilan masuk, pesan, notifikasi aplikasi dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Cara Menggunakan Mode Tidur di iPhone dan iPad

Selama mode Jangan Ganggu aktif, maka iPhone akan menampilkan icon lambang bulan sabit pada panel status bar iPhone.

Kalian sendiri dapat mengatur ingin menyalakan atau menonaktifkan mode jangan ganggu ini secara manual ataupun secara otomatis pada waktu-waktu tertentu yang diinginkan.

Cara Menghilangkan atau Mengatur Icon Bulan Sabit di iPhone (mode Jangan Ganggu)

Seperti yang sudah admin jelaskan tadi bahwa icon bulan sabit berfungsi atau indikator dari mode Jangan Ganggu, nah kalian sendiri bisa menonaktifkan mode jangan ganggu ini untuk menghilangkan icon bulan sabit yang juga muncul pada status bar iPhone. Kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

  • Melalui Pengaturan : silakan buka aplikasi Pengaturan kemudian pilih menu Jangan Ganggu kemudian nonaktifkan menu Jangan Ganggu dan Terjadwal


  • Melalui Pusat Kontrol : silakan buka pusat kontrol kemudian tap menu dengan icon bulan sabit untuk menonaktifkan atau mengaktifkan mode jangan ganggu


Bagaimana apakah sudah mengerti fungsi dan arti dari tanda icon bulan sabit pada status bar iOS iPhone dan iPad?

Mode Jangan Ganggu ini sebenarnya cocok digunakan ketika malam hari ingin beristirahat, sebab tanpa harus menonaktifkan iPhone seluruh suara dan notifikasi yang tidak penting secara otomatis akan dinonaktifkan agar tidak mengganggu. Selain itu kalian juga bisa mengatur jadwal kapan mode ini akan aktif secara otomatis dan kapan harus mati secara otomatis juga.

Baca Juga : Penyebab Warna Baterai iPhone Menjadi Kuning

Baik itu saja informasi fungsi dan arti dari tanda icon (lambang, logo atau gambar) bulan sabit pada status bar iPhone, iPad dan iPod touch. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.