Cara Masuk Mode Recovery dan DFU pada iPhone SE 2020

Bagi kalian pengguna iPhone SE 2020 (generasi kedua), pada postingan kali ini admin akan membagikan cara masuk ke Mode Recovery (Pemulihan) dan Mode DFU (Device Firmware Update).


Mode Recovery sendiri berfungsi seperti namanya yaitu sebagai mode pemulihan. Mode Recovery ini biasanya digunakan untuk memperbaiki iOS pada iPhone kalian yang bermasalah sehingga tidak dapat masuk ke homescreen (bootloop) atau sekedar ingin menghapus total jailbreak yang bermasalah.

Sedangkan Mode DFU atau Device Firmware Update adalah salah satu mode spesial yang digunakan untuk menginstall firmware iPhone (upgrade dan downgrade) tanpa harus melewati proses iBoot. Sederhananya hardware pada iPhone langsung berkomunikasi pada iTunes tanpa harus berhubungan dengan sistem operasi iOS pada iPhone.

Baca Juga : Cara Night Mode di Kamera iPhone SE 2020

Baik tanpa banyak berbasa-basi lagi langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut untuk masuk ke Mode Recovery dan Mode DFU pada iPhone SE 2020.

Cara Masuk Mode Recovery pada iPhone SE 2020

(lakukan dalam tempo perpindahkan tombol yang agak cepat)

  1. Tekan tombol Volume Atas kemudian lepas
  2. Tekan tombol Volume Bawah kemudian lepas
  3. Setelah itu Tekan dan Tahan tombol Power / Lock hingga layar iPhone menunjukan gambar kabel dan komputer atau sampai iTunes mendeteksi iPhone butuh dipulihkan untuk diperbarui dan restore.

Bagi yang ingin menginstall iOS secara manual melalui IPSW silakan baca caranya pada postingan berikut: Cara Download, Install dan Restore IPSW / Firmware iOS iPhone

Cara Masuk Mode DFU pada iPhone SE 2020

(lakukan dalam tempo perpindahkan tombol yang agak cepat, cara ini agak sedikit lebih rumit dan butuh ketelitian)

  1. Tekan tombol Volume Atas kemudian lepas
  2. Tekan tombol Volume Bawah kemudian lepas
  3. Tekan dan tahan tombol Power / Lock hingga iPhone mati
  4. Setelah layar iPhone mati, dengan kondisi tetap menekan tombol Power langsung saja tekan tombol Volume Bawah, dan tahan keduanya hingga sekitar 5 detik
  5. Setelah 5 detik langsung lepas tombol Power / Lock dengan tetap menahan tombol Volume Bawah selama sekitar 10 detik atau hingga iTunes mendeteksi iPhone

Apabila berhasil maka iPhone akan langsung dideteksi oleh iTunes, silakan lanjutkan dengan proses restore iOS atau gunakan file IPSW yang sudah kalian download sebelumnya, untuk cara download dan install manual IPSW silakan baca pada postingan berikut: Cara Download, Install dan Restore IPSW / Firmware iOS iPhone

Keluar dari Mode DFU ataupun Recovery

Untuk keluar dari Mode DFU maupun Recovery silakan ikuti cara berikut:

  1. Tekan tombol Volume Atas kemudian lepas
  2. Tekan tombol Volume Bawah kemudian lepas
  3. Setelah itu Tekan dan Tahan tombol Power / Lock hingga iPhone restart

Nah bagaimana gampang kan? apabila iPhone kalian stuck di logo Apple kalian dapat menggunakan kedua cara di atas untuk memperbaikinya, pastikan komputer kalian memiliki koneksi internet agar iTunes dapat mendownload file iOS yang akan direstore ke dalam iPhone, atau siapkan file IPSW kalian sendiri.

Baca Juga : Cara Mematikan, Restart dan Force Restart iPhone SE 2

Baik itu saja cara-cara masuk ke Mode Recovery dan DFU pada iPhone SE 2020. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.