Cara Restore iPhone Menggunakan Aplikasi 3uTools / Tanpa iTunes

Melakukan Restore iPhone menggunakan aplikasi iTunes memang disarankan, namun untuk beberapa alasan tertentu kalian dapat menggunakan aplikasi lainnya seperti 3uTools untuk melakukan proses restore iPhone.


3uTools memberikan pilihan Restore iPhone yang lebih lengkap dibandingkan menggunakan aplikasi iTunes, seperti memilih sendiri versi iOS yang diinginkan (tanpa harus upgrade) sampai menginstall iOS versi beta / percobaan yang belum dirilis ke publik.

Baik kalau begitu langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut untuk melakukan proses Restore iPhone menggunakan aplikasi 3uTools.

Cara Restore iPhone Menggunakan Aplikasi 3uTools / Tanpa iTunes

Pertama silakan siapkan terlebih dahulu beberapa hal berikut :

  • Komputer (saat ini hanya mendukung windows)
  • Kabel Data
  • Koneksi Internet

Untuk mencegah kesalahan, silakan backup data-data penting kalian terlebih dahulu, jika sudah langsung saja ikuti cara-cara di bawah ini.

#1 : Pertama silakan download dan install aplikasi 3uTools, selain itu pastikan iTunes juga sudah terinstall


Meskipun tanpa melalui iTunes namun aplikasi iTunes tetap dibutuhkan sebagai driver iPhone

#2 : Selanjutnya silakan nonaktifkan terlebih dahulu fitur Cari iPhone Saya di iPhone kalian, caranya silakan buka aplikasi Pengaturan kemudian tap menu ID Apple, iCloud, Media (terletak dibagian paling atas Pengaturan), lalu pilih menu Lacak > Cari iPhone Saya lalu nonaktifkan menu Cari iPhone Saya (masukan password jika diminta)

#3 : Sekarang silakan sambungkan iPhone kalian ke komputer kemudian buka aplikasi 3uTools

#4 : Lalu pada aplikasi 3uTools klik menu Flash & JB kemudian silakan pilih versi iOS yang diinginkan kemudian klik tombol Download


#5 : Jika sudah terdownload silakan nyalakan menu Retain User's Data lalu klik Flash

Sebagai tambahan, menu Quick Flash Mode berfungsi untuk melakukan flash dengan menghapus seluruh data, sedangkan Anti-Recovery Flash berfungsi sama namun lebih dikhususkan apabila kalian ingin menjual atau menyerahkan iPhone tersebut ke orang lain.


#6 : Bila muncul pesan seperti di bawah berikut, klik lagi tombol Flash


#7 : Sekarang tunggu hingga proses Restorenya selesai


#8 : Apabila sudah selesai silakan buka iPhone kalian untuk melanjutkan proses restorasi data, selesai deh :)


Dengan menggunakan cara-cara di atas kalian dapat memanfaatkan aplikasi 3uTools untuk menginstall iOS versi beta, downgrade maupun upgrade ke iOS versi berapapun selama masih dalam status di Signed oleh Apple.

Bagi yang berminat untuk jailbreak, aplikasi 3uTools juga menyediakan menu Jailbreak yang dapat kalian gunakan untuk melakukan jailbreak, selengkapnya silakan baca postingan berikut: Cara Jailbreak iPhone dan iPad Menggunakan 3uTools ( Alternatif )

Baik itu saja cara restore iPhone menggunakan aplikasi 3uTools, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.