Cara Mengatasi Layar iPhone Sering Menyala Sendiri

Apakah kalian pernah memperhatikan bahwa layar pada iPhone kalian tiba-tiba suka menyala / hidup sendiri? tenang saja hal tersebut biasanya diakibatkan oleh fitur Angkat-Bangun, Ketuk-Bangun atau Back Tap pada iPhone kalian.


  • Apa itu fitur Angkat-Bangun? fitur ini berfungsi untuk menyalakan layar iPhone ketika terdeteksi kalian sedang mengangkat / mengambil iPhone tersebut, tujuannya agar kalian tidak perlu lagi menekan tombol untuk menyalakan layar, hal ini sangat berguna misalnya saja untuk melihat waktu atau notifikasi yang masuk dengan cepat.
  • Ketuk-Bangun adalah fitur dimana kalian dapat menyalakan layar iPhone dengan hanya menyentuh layar meskipun dalam keadaan mati. Fitur ini hanya hadir untuk iPhone dengan Face ID sehingga kalian tidak perlu lagi terlalu sering menekan tombol Power untuk menyalakan atau membuka iPhone.
  • Sedangkan Back Tap merupakan fitur berguna untuk mengatur iPhone dengan melakukan dua atau tiga kali sentuhan cepat dibagian belakang iPhone, fitur ini hanya tersedia untuk iPhone dengan Face ID pada iOS 14 atau lebih baru.

Nah bagi kalian yang merasa terganggu karena layar yang sering menyala sendiri entah karena gerakan atau sentuhan tertentu, kalian dapat menonaktifkan kedua fitur tersebut. Kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Nonaktifkan fitur Angkat-Bangun

#1 : Pertama silakan buka aplikasi Pengaturan

#2 : Kemudian masuk ke menu Tampilan & Kecerahan

#3 : Yang terakhir silakan nonaktifkan menu Angkat-Bangun


Nonaktifkan fitur Ketuk-Bangun

cara ini hanya berlaku bagi penngguna iPhone dengan Face ID

#1 : Pertama silakan buka aplikasi Pengaturan

#2 : Kemudian masuk ke menu Aksesibilitas

#3 : Lalu pilih menu Sentuh

#4 : Sekarang silakan nonaktifkan menu Ketuk-Bangun


Cek fitur Back-Tap

cara ini juga hanya berlaku bagi penngguna iPhone dengan Face ID

#1 : Pertama silakan buka aplikasi Pengaturan

#2 : Kemudian masuk ke menu Aksesibilitas

#3 : Lalu pilih menu Sentuh lalu Back Tap

#4 : Sekarang silakan atur kembali menu Double Tap atau Triple Tap ke None atau untuk pintasan lainnya


Terakhir untuk meminimalisir dampak apabila diakibatkan oleh Bug, silakan restart iPhone kalian dan jangan lupa untuk selalu update ke iOS versi terbaru yang tersedia saat ini melalui Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Apabila cara-cara di atas tidak juga membuahkan hasil, cek juga fungsi tombol Power / Samping pada iPhone kalian, apakah tertekan oleh case atau mungkin kendur.

Baca Juga : 5 Cara Unik Menyalakan iPhone Tanpa Tombol Power atau Home

Baik itu saja cara-cara mengatasi Layar iPhone yang sering menyala dengan sendirinya. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.