Lokasi Penyimpanan Data Minecraft PE di iPhone dan iPad

Setiap data dunia yang kalian buat di Minecraft PE dapat kalian akses entah untuk disalin kemudian disimpan ke tempat lain (backup) atau sekedar ingin dibagikan ke perangkat lainnya. Begitu juga bagi kalian yang memainkan Minecraft PE di iOS / iPadOS iPhone, iPod touch dan iPad, kalian bisa mengakses dan menyalin data dunia yang telah kalian buat untuk disimpan atau dibagikan ke perangkat lainnya.


Apalagi secara default data dunia Minecraft pada iPhone disimpan secara offline pada penyimpanan iPhone, sehingga apabila terjadi sesuatu pada iPhone kalian (misalnya saja direset seluruh data) maka kreasi dunia di Minecraft kalian akan ikut terhapus dan hilang selamanya.

Baca Juga : Cara Backup / Simpan Data World Minecraft PE di Android dan iPhone

Maka dari itu sangat penting untuk membackup data kreasi Minecraft kalian untuk disimpan ke iCloud yang merupakan penyimpanan online yang terintegrasi pada Apple ID yang kalian gunakan, untuk berjaga-jaga apabila iPhone tidak sengaja terhapus kalian bisa menyalin data dunia yang sudah dibackup tersebut dan melanjutkannya kembali. Kalau begitu langsung saja ikuti cara-cara berikut untuk mengakses data Minecraft PE di iPhone maupun iPad kalian.

Lokasi Penyimpanan Data Minecraft PE di iPhone dan iPad

#1 : Silakan buka aplikasi File

#2 : Kemudian masuk ke menu Telusuri lalu pilih menu Di iPhone Saya


#3 : Jika sudah kalian akan melihat folder Minecraft, pada folder itulah seluruh data pada Minecraft di iPhone kalian tersimpan


Dimana Letak Data Dunia Minecraftnya?

Langsung saja buka folder Minecraft tersebut kemudian masuk ke menu Games > com.mojang > minecraftWorlds, di dalam folder minecraftWorlds itulah data dunia kalian tersimpan.


Kok namanya acak ya? memang seperti itu, untuk melihat nama dunia yang telah kalian buat cukup buka foldernya kemudian cari dan buka file "levelname"


Backup Data Minecraft ke iCloud Drive

Untuk membackup data-data tersebut admin sarankan kalian menyalin seluruh folder utama Minecraft (tap dan tahan lalu pilih Salin), jika sudah kembali ke menu Telusuri kemudian pilih menu iCloud Drive, sekarang silakan tap sembarang tempat kemudian pilih Tempel.

Jika sudah sekarang data Minecraft kalian sudah aman tersimpan di iCloud alias akun Apple ID yang kalian gunakan pada iPhone tersebut.

Selengkapnya : Cara Backup Data Minecraft PE Di iPhone & iPad ke iCloud

Membagikan Data Minecraft

Untuk membagikan data minecraft tersebut, silakan diringkas (diarsipkan) terlebih dahulu, caranya silakan tap dan tahan pada folder data dunia yang ingin dibagikan kemudian pilih Ringkas, jika sudah silakan tap dan tahan lagi pada file yang telah diringkas tersebut lalu pilih Bagikan.

Baca Juga : Settingan Minecraft PE di Android dan iPhone Agar Tidak Lag

Baik itu saja informasi lokasi penyimpanan data Minecraft PE di iOS / iPadOS iPhone, iPod touch dan iPad. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.