Cara Mengatasi Notifikasi Email di iPhone Tidak Muncul

Aplikasi Mail untuk Email di iPhone kalian tidak memberikan pemberitahuan / notifikasi adanya email masuk? jika ya, tidak perlu khawatir, pada postingan kali ini admin akan membagikan cara-cara untuk mengatasinya.


Sebelumnya perlu diketahui, tanpa disadari ada banyak faktor yang menyebabkan Email di iPhone kalian tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya, biasanya masalah tersebut hanyalah diakibatkan oleh hal-hal sepele yang tanpa kalian sadari berdampak pada notifikasi email yang tidak muncul untuk mengirimkan pemberitahuan terbaru.
Kalau begitu langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut untuk mengatasi notifikasi dan email baru di iPhone yang tidak muncul / masuk.

Nonaktifkan Mode Daya Rendah

Apabila kalian menggunakna Mode Daya Rendah untuk menghemat penggunaan baterai, maka segera matikan fitur tersebut apabila ingin notifikasi email kalian dapat berjalan. Sebab mode daya rendah secara otomatis akan menonaktifkan aktivitas email dilatar belakang yang berkibat pada tidak masuknya notifikasi email yang masuk.

Cek Pengaturan Notifikasi

Cek juga pengaturan Notifikasi untuk aplikasi Mail, silakan masuk ke Pengaturan > Pemberitahuan > Mail kemudian pastikan menu Izinkan Pemberitahuan dan beberapa pengaturan Peringatan lainnya telah diaktifkan.


Nyalakan Mode Pesawat kemudian Matikan Kembali

Buka pusat kontrol pada iPhone kalian kemudian nyalakan mode pesawat (icon pesawat) selama sekitar 5 detik, jika sudah silakan matikan kembali. Hal ini berfungsi untuk menyegarkan kembali jaringan seluler di iPhone kalian.

Cek Pengaturan Fetch dan Push Email

Fetch dan Push pada pengaturan akun email berfungsi untuk mengirimkan pemberitahuan dan mengambil data dari server email secara otomatis, sehingga email yang dikirimkan dapat langsung kalian terima beserta pemberitahuannya.

Jadi pastikan kalian telah mengaktifkan menu Fetch dan Push melalui aplikasi Pengaturan > Mail > Akun > Ambil Data Baru. Selanjutnya pastikan menu Push sudah dalam keadaan menyala kemudian email sudah dalam status Fetch dan menu Fetch sudah diatur pada Secara Otomatis

Login Ulang Email

Apabila cara-cara di atas tidak juga membuahkan hasil, silakan hapus email kalian kemudian masuk kembali. Caranya silakan buka aplikasi Pengaturan > Mail > Akun kemudian pilih email kalian lalu tap Hapus Akun.

Setelah itu untuk login kembali silakan masuk ke menu yang sama Pengaturan > Mail > Akun kemudian pilih Tambah Akun.

Restart iPhone

Terlihat sepele namun dalam beberapa kasus merestart iPhone dapat menyegarkan kembali sistem dan membuat aplikasi email bekerja sebagai mana yang semestinya. Untuk merestart iPhone secara sederhananya silakan matikan iPhone tersebut kemudian silakan nyalakan kembali.

Cara mematikan iPhone:

  • iPhone dengan tombol Home silakan tekan dan tahan terus tombol Power / Samping
  • iPhone dengan Notch / Face ID silakan tekan dan tahan tombol Power / Samping bersamaan dengan tombol Volume Bawah

Untuk menyalakan kembali iPhone silakan tekan dan tahan terus tombol Power / Samping.

Update ke iOS versi Terbaru

Coba juga untuk update iOS pada iPhone kalian ke versi terbaru yang tersedia saat ini, namun sebelum itu pastikan iPhone kalian telah terhubung ke jaringan Wi-Fi. Jika sudah silakan cek, download dan install pembaruan iOS terbaru melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Reset Pengaturan iPhone

Dengan mengikuti salah satu cara di atas seharusnya email pada iPhone kalian sudah bekerja sebagai mana mestinya dan mengirimkan kembali notifikasi email masuk. Namun jika masih belum bisa juga pertimbangkan untuk mengatur ulang seluru pengaturan pada iPhone kalian (tanpa menghapus data), caranya silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang lalu pilih menu Atur Ulang Pengaturan.

Masih tidak Bisa Juga? Gunakan aplikasi Email Lainnya

Yang terakhir apabila cara-cara di atas tidak juga membuahkan hasil, kalian bisa menggunakan aplikasi Email sesuai dengan layanan email yang digunakan, untuk Gmail adalah aplikasi Gmail begitupun dengan Yahoo ada aplikasi Yahoo Mail dan bagi pengguna Hotmail silakan gunkaan Microsoft Outlook.
Baik itu saja informasi cara-cara mengatasi notifikasi aplikasi Mail untuk Email di iPhone yang tidak muncul atau pesannya tidak kunjung masuk. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.