Cara Membatasi Penggunaan Sosial Media di iPhone dan iPad

Seperti yang kita ketahui Sosial Media dapat memberikan dampak yang positif namun juga negatif, salah satu dampak negatif dari sosial media seperti TikTok, Facebook, Twitter, Instagram dan lain sebagainya dapat memicu kecanduan sehingga lupa akan kerwajiban yang harus dilakukan.


Tetapi tidak perlu khawatir bagi pengguna iPhone dan iPad kalian dapat memanfaatkan fitur Durasi Layar untuk membatasi dan memperingati waktu penggunaan sosial media, entah untuk diri sendiri ataupun orang lain.

Cara kerjanya sederhana, jika digunakan membatasi diri sendiri kalian akan disuguhkan oleh peringatan jika batas waktu penggunaan sosial media telah mencapai batasnya, dan jika ini ditujukan untuk orang lain maka aplikasi sosial media tersebut akan dikunci menggunakan password yang terpisah dari password perangkat.


Tertarik? langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini:

Cara Membatasi Penggunaan Sosial Media di iPhone dan iPad dengan fitur Durasi Layar

#1 : Pertama silakan buka aplikasi Pengaturan kemudian masuk ke menu Durasi Layar


(apabila belum diatur silakan diatur terlebih dahulu, jangan lupa gunakan password jika ditujukan untuk orang lain)

#2 : Jika sudah silakan masuk ke menu Batas App lalu pilih lagi menu Tambah Batas


#3 : Selanjutnya silakan pilih kategori aplikasi atau aplikasi yang akan dibatasi (tips: tap pada menu panah yang mengarah ke bawah disamping menu kategori untuk menampilkan aplikasi yang akan dibatasi, jika ingin memilih per aplikasi jangan centang menu kategori secara keseluruhan)


#4 : Jika sudah langsung saja tap menu Berikutnya (pojok kanan atas)

#5 : Sekarang silakan atur waktu yang ingin ditentukan, kalian juga bisa memilih hari yang diinginkan melalui menu Sesuaikan Hari


#6 : Jika sudah yang terakhir silakan tap menu Tambah

Sekarang aplikasi yang sudah dibatasi akan menampilkan menu seperti berikut apabila batas waktu yang sudah ditentukan tiba:


Ingin menambahkan waktu sedikit lagi? tap pada menu Minta Durasi Tambahan dan tap pada menu Semenit Lagi


Kalian juga bisa memperpanjangnya lagi melalui menu Masukkan Kode Sandi Durasi Layar kemudian pilih waktu yang diinginkan


Nah bagaimana menurut kalian? tentu cara-cara diatas tersebut sangatlah cocok bagi para orang tua yang ingin mengawasi anaknya agar tidak berlebihan bermain gadget terutama sosial media.

Untuk mengatur, menambahkan atau menghapus pembatasan kalian dapat kembali ke menu Durasi Layar > Batas App yang ada pada aplikasi Pengaturan.


Baik itu saja cara-cara membatasi penggunaan sosial media di iPhone dan iPad. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih :)