Cara Mengatasi Tethering Hotspot iPhone Tidak Bisa Connect / Ditemukan

Tidak sedikit pengguna iPhone maupun iPad yang mengeluhkan bahwa Tethering / Hotspot melalui WiFi tidak ditemukan meskipun menu Hotspot Pribadi sudah dalam keadaan aktif atau diizinkan.


Untuk mengatasi masalah tersebut kalian dapat mengikuti beberapa cara berikut ini.


Matikan dan Nyalakan kembali WiFi

Cukup sederhana, kalian hanya perlu mematikan jaringan WiFi dan Bluetooth secara manual melalui aplikasi Pengaturan kemudian mengaktifkan kembali menu Hotspot Pribadi.


Gunakan Mode Pesawat dan Coba Kembali

Trik selanjutnya silakan matikan jaringan WiFi dan Bluetooth di iPhone kalian kemudian nyalakan mode pesawat. Setelah itu silakan matikan kembali mode pesawat lalu aktifkan kembali menu Hotspot Pribadi.

Restart iPhone

Restart adalah salah satu cara menyegarkan kembali fungsi sistem pada iPhone yang mengalami masalah. Untuk melakukannya sederhana, kalian cukup mematikan iPhone kemudian meyalakannya kembali.

Apabila sudah silakan coba kembali nyalakan menu Hotspot Pribadi.

Pastikan WiFi Tidak Sedang Terhubung Otomatis

Periksa juga apakah saat mengaktifkan menu Hotspot Pribadi melalui WiFi, koneksi WiFi di iPhone kalian secara otomatis tergabung dengan jaringan WiFi lainnya? jika ya, kalian dapat sementara menonaktifkan fitur Gabung-Otomatis pada jaringan WiFi yang tersambung otomatis tersebut dengan cara.

Masuk ke Pengauturan > WiFi lalu tap icon (i) disamping nama WiFi yang tergabung otomatis tersebut, jika sudah nonaktifkan menu Gabung-Otomatis.


Apabila sudah silakan matikan jaringan WiFi dan nyalakan / atur kembali Hotspot Pribadi.

Atur Ulang Pengaturan Jaringan

Apabila cara-cara di atas tidak juga membuahkan hasil, kalian dapat memilih untuk mengatur ulang jaringan di iPhone kalian. Caranya silakan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Atur Ulang Jaringan.

Apabila sudah silakan atur ulang Hotspot Pribadi di iPhone kalian melalui Pengaturan > Seluler > Jaringan Data Seluler kemudian masukan nama Operator yang kalian gunakan pada kolom APN.


Bagaimana apakah sudah berhasil? seharusnya dengan mengikuti salah satu dari cara-cara di atas menu Hotspot Pribadi di iPhone kalian sudah dapat ditemukan oleh perangkat lainnya.

Baik itu saja cara, tips dan trik mengatasi Tethering Hotspot iPhone yang tidak dapat connect atau ditemukan perangkat lainnya. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.