Cara Translate Berbagai Bahasa Langsung melalui Google Sheets

Google Sheets merupakan salah satu program gratis buatan Google yang digunakan untuk membuat dokumen Spreadsheets berbasis web (mirip Microsoft Excel).


Nah bagi yang suka dan sering menggunakan Google Sheets pada postingan kali ini admin akan membagikan trik cara melakukan translate beragam bahasa langsung melalui dokumen Google Sheets. Penasaran? langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Cara Translate Manual Berbagai Bahasa Menggunakan Google Sheets

#1 : Pertama silakan pilih kolom yang akan dijadikan tempat untuk melakukan translate

#2 : Jika sudah langsung saja masukan:

=googletranslate("kata yang akan ditranslate";"auto";"en")

Ubah teks berwarna Merah ke kata yang akan ditranslate, sedangkan kode berwarna Biru (auto) berfungsi untuk mendeteksi bahasa yang akan ditranslate dan kode Hijau (contoh "en" merupakan bahasa inggris) adalah kode bahasa yang akan ditranslate.


Keterangan:

  • auto : digunakan untuk mendeteksi otomatis bahasa yang akan ditranslate
  • en : atau english adalah tujuan translate bahasa (kode bahasa)

Admin menyarankan untuk membiarkan kolom auto untuk mempermudah pendeteksian bahasa, sedangkan en merupakan kode bahasa inggris, silakan ganti kode en ke kode lainnya apabila ingin melakukan translate ke bahasa lain. Seperti es (spanyol), ko (korea) dan lain sebagainya.

#3 : Apabila sudah langsung saja tekan Enter pada keyboard dan lihat hasilnya :)


Cara Translate Langsung Teks yang Sudah Ada

Apabila kalian ingin melakukan translate langsung pada teks yang sudah ada ppada Google Sheets silakan ikuti cara di bawah berikut

#1 : Seperti contoh disini admin akan melakukan translate kata dari kolom A3


#2 : Pertama silakan pilih kolom yang akan dijadikan hasil untuk translate kemudian masukan kode berikut:

=googletranslate(A3; "auto"; "en")

Sama seperti di atas namun kalian perlu merubah sedikit kodenya menyerupai kode di atas. Seperti contoh A3 menunjukan lokasi kolom yang akan ditranslate, kemudian auto menunjukan pendeteksian bahasa yang akan ditranslate secara otomatis, sedangkan en merupakan tujuan bahasa yang akan ditranslate.


#3 : Jika sudah langsung saja tekan Enter dan lihat hasilnya :)


Bagaiamana keren kan? dengan cara-cara kalian tidak perlu lagi repot-repot lagi membuka halaman atau aplikasi Google Translate, cukup menggunakan kode di atas maka seluruh kata yang akan ditranslate dapat dilakukan secara langsung melalui halaman Google Spreadsheet.

Baik itu saja tips, trik dan cara translate berbagai bahasa langsung melalui Google Spreadsheets. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih :)