Cara Mengatasi WiFi iPhone Mati Saat Layar Terkunci / Lock Screen

Tidak sedikit pengguna iPhone dan iPad yang mengalami masalah pada WiFi, tepatnya sambungan WiFi secara tiba-tiba saja terputus atau mati dengan sendirinya, ketika layar iPhone mati, iPhone dikunci atau berada dalam keadaan terkunci (lock screen).


Masalah tersebut bisa dikatakan cukup serius dan tentu saja sangat mengganggu, namun begitu penyebab umum dari masalah tersebut biasanya datang dari Bug pada iOS atau ada pengaturan jaringan yang perlu diubah, sehingga untuk mengatasinya juga terbilang cukup mudah.


Baik kalau begitu tanpa banyak berbasa-basi lagi, langsung saja ikuti cara-cara berikut ini untuk mengatasi WiFi pada iPhone yang terputus tiba-tiba saat layar dikunci / lock screen.

Force Restart iPhone

Langkah paling awal untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan melakukan Force Restart atau Restart Paksa. Kalau begitu langsung saja terapkan cara-caranya berikut ini:

iPhone 8, Xr, Xs, 11, 12, SE 2020 atau lebih baru

  • (lakukan dalam tempo yang cepat) Tekan tombol Volume Atas lalu lepas, kemudian Tekan tombol Volume Bawah lalu lepas, terakhir Tekan dan Tahan tombol Power / Lock hingga iPhone menampilkan logo Apple alias Restart

iPhone 7 dan 7 Plus

  • Tekan dan Tahan tombol Volume Bawah dan Power / Lock secara bersamaan hingga iPhone Restart

iPhone 6S, 6, 5S atau lebih lama

  • Tekan dan Tahan tombol  Power / Lock dan Home secara bersamaan hingga iPhone Restart

Setelah restart selesai, silakan cek kembali apakah WiFi masih terputus dengan sendirinya atau sudah berhasil diperbaiki. Jika tidak juga membuahkan hasil, langsung saja ikuti cara selanjutnya berikut ini.

Lupakan Jaringan WiFi dan Sambungkan Kembali

Cukup sederhana, disini yang perlu kalian lakukan adalah melupakan jaringan WiFi tersebut kemudian menhubungkannya kembali. Berikut caranya.

1. Pertama buka aplikasi Pengaturan iPhone kemudian masuk ke menu Wi-Fi

2. Selanjutnya tap pada icon (i) disamping nama WiFi yang kalian gunakan


3. Kemudian tap pada menu Lupakan Jaringan Ini (forget This Network) lalu tap lagi Lupakan / Forget


Terakhir, silakan sambungkan kembali iPhone kalian ke jaringan WiFi tersebut dan lihat hasilnya.

Perbarui Sewa / Renew Lease

Ketika iPhone terhubung ke jaringan WiFi, maka iPhone secara otomatis akan diberikan alamat IP yang digunakan oleh jaringan untuk mengidentifikasi iPhone. Dan salah satu ampuh untuk mengatasi beragam masalah WiFi adalah dengan melakukan pembaruan IP tersebut melalui menu Perbarui Sewa atau Renew Lease.

1. Hampir sama seperti cara di atas, pertama silakan buka aplikasi Pengaturan iPhone kemudian masuk ke menu Wi-Fi

2. Selanjutnya tap pada icon (i) disamping nama WiFi yang kalian gunakan

3. Sekarang silakan tap pada menu Perbarui Sewa atau Renew Lease


Nonaktifkan Wi-Fi Networking atau Networking & Wireless

Menurut laporan beberapa pengguna iPhone yang mengalami masalah serupa, menonaktifkan menu Wi-Fi Networking atau Networking & Wireless pada pengaturan Layanan Lokasi iPhone, dapat dengan mudah mengatasi masalah tersebut. Bagi yang ingin mencobanya silakan ikuti cara-caranya berikut ini:

1. Buka aplikasi Pengaturan iPhone

2. Kemudian masuk ke menu Privasi > Layanan Lokasi (Location Services) > Layanan Sistem (System Services)

3. Jika sudah silakan nonaktifkan menu Wi-Fi Nerworking (khusus iOS 13 atau lebih lama) atau Jaringan & Nirkabel / Networking & Wireless (khusus iOS 14 atau lebih baru)


4. Terakhir silakan coba lihat hasilnya

Nonaktifkan VPN (jika pakai)

Apabila kalian menggunakan jaringan VPN, silakan nonaktifkan terlebih dahulu VPN tersebut kemudian lihat hasilnya, apabila tidak, silakan teruskan cara di bawah berikut.

Reset Pengaturan Jaringan

Cara ini akan mereset pengaturan jaringan di iPhone kalian ke pengaturan pabrik / bawaan iPhone. Untuk melakukannya silakan ikuti cara-cara di bawah berikut ini.

1. Buka aplikasi Pengaturan iPhone

2. Kemudian masuk ke menu Umum (General) > Atur Ulang (Reset)

3. Jika sudah silakan pilih menu Atur Ulang Pengaturan Jaringan atau Reset Network Settings


Jika sudah silakan cek kembali hasilnya.

Update iOS ke Versi Terbaru

Mungkin, masalah tersebut datang dari bug pada versi iOS yang kalian gunakan saat ini. Untuk mengatasinya kalian cukup melakukan update ke iOS versi terbaru jika tersedia.

Pertama-tama persiapkan koneksi WiFi beserta baterai minimal 50% (disarankan sambungkan ke pengisian daya), jika sudah buka aplikasi Pengaturan iPhone lalu masuk ke menu Umum (General) > Pembaruan Perangkat Lunak (Software Update).

Apabila tersedia silakan Download & Install pembaruan tersebut.

Restart Router WiFi

Selain iPhone, masalah tersebut mungkin bisa datang dari Router WiFi yang bermasalah, coba restart router WiFi yang kalian gunakan atau update Firmwarenya ke versi terbaru, jika sudah silakan coba kembali lihat hasilnya.

Terakhir, cek juga apakah jaringan WiFi lainnya mengalami masalah yang sama atau hanya di jaringan WiFi tertentu saja.

Bagaimana apakah salah satu cara di atas ada yang berhasil kalian terapkan? admin berharap semoga ada ya.. hehe 😇

Baik, itu saja informasi cara mengatasi WiFi iPhone yang mati sendiri saat Layar iPhone terkunci atau berada di Lock screen, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, good luck!