Cara Setting APN atau APN Hotspot di Semua iPhone dan iPad

APN atau Access Point Name merupakan konfigurasi / pengaturan yang akan digunakan oleh operator jaringan seluler untuk mengidentifikasi dan menentukan jaringan pada suatu perangkat. APN bisa dikatakan juga sebagai pintu gerbang (gateway) yang menghubungkan antara pengaturan internet di sebuah perangkat dengan jaringan operator seluler yang digunakan.


Biasanya tanpa memasukan informasi APN, iPhone tidak dapat mengaktifkan beberapa layanan yang berhubungan dengan internet langsung, contohnya fitur Personal Hotspot.

Nah maka dari itu pengaturan APN pada iPhone cukup penting untuk diperhatikan. Bagi yang ingin mengatur atau setting APN di iPhone atau iPad, langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Cara Setting APN atau APN Hotspot di iPhone dan iPad

Cara ini dapat kalian terapkan pada semua versi terbaru iOS untuk iPhone, termasuk iPhone 6, iPhone 6S, iPhone 6S Plus, iPhone SE 2016, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone X, iPhone Xr, iPhone Xs, iPhone Xs Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone SE 2020, iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max atau lebih baru, dan seluruh versi iPadOS pada iPad yang mendukung data seluler.

1. Pertama-tama silakan buka aplikasi Pengaturan (Settings)

2. Kemudian masuk ke menu Seluler (Cellular) > Jaringan Data Seluler (Cellular Data Network)

Pada tahap ini pastikan menu Data Seluler (Cellular Data) sudah dalam keadaan aktif.


3. Sekarang silakan masukan informasi APN pada seluruh kolom APN yang tersedia

Sebagai contoh, bagi pengguna operator Telkomsel silakan masukan " telkomsel " (tanpa tanda petik ya) pada seluruh kolom APN. Sedangkan untuk menu Nama PenggunaKata sandi dan lain sebagainya tidak perlu diisi.


Berikut daftar nama APN untuk semua operator, dan ingat masukan APN berikut ke seluruh kolom APN yang ada di pengaturan APN iPhone, khusunya menu APN untuk Hotspot Pribadi / Personal Hotspot agar fitur Hotspot dapat digunakan / terbuka.

  • Telkomsel, masukan APN: telkomsel
  • Indosat, masukan APN: indosatgprs
  • XL, masukan APN: internet
  • Smartfren, masukan APN: smartfren4g
  • Axis, masukan APN: axis
  • Tri, masukan APN: 3gprs
  • By.u, masukan APN: byu

4. Terakhir, apabila sudah selesai silakan kembali ke menu utama aplikasi Pengaturan iPhone, kemudian nyalakan menu Mode Pesawat (Airplane Mode) lalu tunggu sekitar 5 detik dan matikan kembali menu Mode Pesawat tersebut, selesai deh.. 

Sebagai Informasi Tambahan, apabila menu Personal Hotspot belum juga muncul silakan tutup aplikasi Pengaturan kemudian buka kembali. Apabila masih belum muncul juga coba lakukan restart iPhone (matikan kemudian nyalakan kembali).

Menu Personal Hotspot dapat kalian temukan di dalam halaman utama aplikasi Pengaturan, tepatnya dibawah menu Seluler.

Baik, itu saja informasi cara setting, mengatur atau memasukan APN untuk Internet dan Personal Hostpot di iPhone dan iPad. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih :)