Berapa Hz Layar iPhone 11, 11 Pro dan 11 Pro Max?

Tidak sedikit pertanyaan yang seringkali Admin temukan soal Refresh Rate (satuan "Hz" atau "Hertz") yang dimiliki oleh layar iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max.


Bagi yang belum tahu, apa sih "Refresh Rate" itu? dan seberapa pentingkah Refresh Rate bagi layar iPhone?

Pengertian Refresh Rate

Layar bekerja dengan menampilkan susunan frame atau gambar dalam membentuk sebuah tampilan bergerak. Sebagai contoh, apabila kalian sedang menyaksikan sebuah video sebenarnya kalian sedang melihat pola susunan gambar atau frame yang ditampilkan secara berurutan sehingga membentuk sebuah gerakan.

Susunan frame yang ditampilkan layar tersebut memiliki jumlah dan kecepatan, dan hal inilah yang disebut sebagai "Screen Refresh Rate". Pada umumnya layar smartphone dibekali dengan kecepatan Screen Refresh Rate sebesar 60Hz saja, dalam artian layar hanya dapat menampilkan kecepatan susunan frame terbatas pada 60 frame per detiknya.

Jadi apabila ada smartphone yang dibekali layar dengan Screen Refresh Rate mencapai 120Hz, itu tandanya layar tersebut dapat menampilkan hingga 120 frame per detiknya, yang dampaknya tentu saja akan membuat tampilan gerakan pada layar menjadi jauh lebih halus.

Berapa Hz atau Refresh Rate pada Layar yang Dimiliki iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max

iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max sendiri hanya memiliki Screen Refresh Rate sebesar 60 Hz saja, yang artinya layar iPhone hanya dapat menghasilkan 60 frame per detik.

Meskipun begitu untuk jajaran iPhone X atau lebih baru (termasuk jajaran iPhone 11), sudah memiliki "Touch Sampling Rate" sebesar 120 Hz yang berarti layar iPhone dapat merespon dan menginput sentuhan 2x lipat lebih cepat dibandingkan dengan angka Screen Refresh Rate yang dimilikinya.


Seberapa Penting Screen Refresh Rate?

Semakin tinggi angka Screen Refresh Rate maka semakin halus juga tampilan animasi pada layar, entah saat bernavigasi pada halaman web, menggeser daftar menu atau mungkin saat bermain game (dengan catatan apabila game tersebut sudah mendukung pengaturan Hz tinggi).

Disisi lain, selain memberikan tampilan yang lebih halus (smooth), ada harga yang harus dibayar untuk fitur Screen Refresh Rate, yaitu "Baterai". Semakin tinggi Screen Refresh Rate semakin banyak juga daya baterai yang harus dikorbankan dan penggunaan sehari-hari menjadi lebih singkat dibandingkan dengan Screen Refesh Rate standar 60 Hz.