Berapa Lama Baterai iPhone dapat Bertahan dalam Mode StandBy?

Pernah berpikir seberapa lamakah baterai iPhone kalian dapat bertahan ketika benar-benar tidak digunakan (standby) namun tetap dalam kondisi menyala (tidak dimatikan)?


Menurut hasil uji coba yang dilakukan oleh Apple pada tahun 2016, sebelum iPhone diproduksi dan dalam kondisi pengaturan tidak diubah kecuali pengaturan WiFi dan Hey Siri yang diaktifkan, iPhone 7 bisa mendapatkan waktu standby selama 9 hari, sedangkan iPhone 7 Plus bisa mendapatkan waktu standby selama 15 hari.

Mengingat baterai iPhone 7 Plus yang jauh lebih besar dari iPhone 7, jadi tidak heran jika waktu standby iPhone 7 Plus dapat bertahan jauh lebih lama dibandingkan iPhone 7.

Lalu bagaimana untuk iPhone lainnya? dalam kondisi pengujian yang sama iPhone SE generasi ke-1 mendapatkan waktu standby selama 10 hari, iPhone 6S mendapatkan waktu selama 9 hari dan iPhone 6S Plus selama 15 hari.

Dalam informasi yang Admin dapatkan tersebut, Apple tidak memberikan keterangan lebih lanjut untuk pengujian waktu standby pada iPhone terbaru. Namun begitu bisa diperkirakan bahwa waktu standby iPhone bisa berjalan selama berhari-hari tergantung kondisi dan pengaturan iPhone.

iPhone sendiri akan terus bekerja meskipun sedang tidak digunakan, misalnya terus mencari sinyal seluler atau wifi untuk tetap terhubung, fungsi sensor cahaya (ambient) untuk mengatur kecerahan layar atau true tone, dan lain sebagainya.

Jadi jangan heran apabila baterai iPhone dapat berkurang dengan sendirinya meskipun sedang tidak digunakan walaupun hanya sedikit saja dan dalam waktu yang cukup lama.