Penyebab Baterai iPhone Berkurang Sendiri Saat Tidak Digunakan

Apakah baterai di iPhone kalian berkurang dengan sendirinya padahal sedang tidak dipakai? jika ya, kalian tidaklah sendiri. Banyak juga pengguna iPhone yang mengeluhkan masalah serupa, terutama saat malam menjelang pagi hari.


Lalu apa sih penyebabnya dan adakah cara untuk mengatasinya?

Mengapa Baterai iPhone Berkurang Sendiri Meskipun Sedang Tidak Digunakan?

Perlu diketahui bahwa iPhone sendiri akan terus bekerja walaupun sedang tidak digunakan seperti contoh, terus bekerja untuk mencari sinyal agar tetap terhubung ke jaringan seluler dan internet, aplikasi yang terus berjalan untuk mengambil informasi terbaru, iPhone melakukan backup data otomatis ke iCloud, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jadi jangan heran jika baterai iPhone dapat berkurang dengan sendirinya meskipun saat sedang tidak dipakai.


Penyebab Utama dan Cara Mengatasi Baterai iPhone Berkurang Sendiri

Namun penting untuk diperhatikan bahwa ada beberapa hal yang sangat berpengaruh terhadap pengurangi baterai yang terjadi secara diam-diam tersebut, apa sajakah itu?

1. Kualitas Sinyal yang Tidak Stabil

iPhone akan terus bekerja untuk mendapatkan sinyal jaringan seluler agar tetap terhubung. Kualitas sinyal yang sedang buruk dapat membuat iPhone bekerja ekstra lebih keras untuk menstabilkan sinyal sehingga dampaknya membuat baterai menjadi lebih cepat berkurang.

Untuk mengatasinya kalian bisa menggunakan internet dari jaringan WiFi atau mengaktifkan Mode Pesawat untuk mematikan sinyal.

2. Update Aplikasi Otomatis

iPhone akan melakukan update aplikasi secara otomatis ketika mendeteksi aplikasi versi terbaru telah tersedia. Dalam beberapa kasus misalnya jaringan yang kurang stabil, dapat membuat proses update memakan waktu yang cukup lama sehingga membuat baterai cepat berkurang.

Kalian bisa menonaktifkan update aplikasi otomatis melalui aplikasi Pengaturan > App Store. Bila perlu nonaktifkan juga download update iOS secara otomatis melalui Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak > Pembauran Otomatis > Unduh Pembaruan iOS.

3. Aplikasi Terus Berjalan Di Latar Belakang

Aplikasi seperti sosial media dan lain sebagainya, akan terus berjalan di latar belakang untuk mengirimkan notifikasi atau mengambil informasi terbaru. Hal ini seringkali tidak disadari menjadi penyebab utama mengapa baterai iPhone berkurang dengan sendirinya dengan cukup cepat.

Untuk mengatasinya cukup mudah, agar aplikasi tidak dapat berjalan di latar belakang silakan nonaktifkan fitur "Segarkan App di Latar" melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Segarkan App di Latar.

Selain itu kalian bisa menggunakan Mode Pesawat agar aplikasi tidak dapat terhubung dan memperbarui datanya, atau pertimbangkan untuk menghapus aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi.

4. Terus Mengaktifkan Fitur yang Tidak Digunakan

Tanpa kalian sadari membiarkan fitur yang sedang tidak digunakan dalam keadaan aktif sebagai contoh WiFi atau Bluetooth, dapat membuat baterai lebih cepat berkurang dengan sendirinya, hal ini tidak lain disebabkan oleh iPhone yang terus menerus bekerja untuk mencari jaringan WiFi atau perangkat Bluetooth yang tersedia. Selain itu ada juga fitur "Hey, Siri" yang cukup memakan daya baterai di latar belakang.

Untuk mengatasinya kalian cukup mematikan konektivitas yang sedang tidak digunakan contohnya WiFi atau Bluetooh, selain itu apabila tidak digunakan nonaktifkan juga fitur "Dengarkan Hey Siri" melalui aplikasi Pengaturan > Siri & Pencarian. Apabila perlu nonaktifkan juga sinyal jaringan seluler menggunakan Mode Pesawat.

5. Backup Data Otomatis

iPhone secara otomatis akan melakukan backup data seperti foto ke layanan iCloud saat iPhone dalam keadaan tidak digunakan (terkunci), terhubung ke jaringan WiFi, atau saat sedang diisi daya. Proses backup tersebut secara diam-diam juga membuat baterai turun dengan sendirinya.

Untuk mengatasinya kalian bisa menonaktifkan fitur Backup otomatis melalui Pengaturan > ID Apple, iCloud, Media & Pembelian > iCloud > Cadangan iCloud.

6. Update ke iOS Terbaru

Terakhir untuk mencegah adanya bug yang mengakibatkan baterai berkurang sendiri, disarankan untuk melakukan update iOS di iPhone kalian ke versi paling terbaru saat ini. Caranya siapkan koneksi dari jaringan WiFi (seluler 5G), kemudian masuk ke aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak, jika sudah silakan download dan install iOS versi terbaru apabila tersedia.


Masalah pada Baterai

Apabila cara-cara di atas tidak membuahkan hasil atau hanya sedikit memberikan perubahan, dan dalam kasus tertentu masalahnya sudah cukup parah. Kemungkinan menjadi pertanda adanya masalah atau kerusakan pada baterai iPhone. Langkah awal untuk mengetahuinya bisa kalian cek pada menu "Kesehatan Baterai" (Battery Health) melalui aplikasi Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai.

Apabila angka kapasitas maksimum sudah menunjukan dibawah 70% atau muncul peringatan baterai sudah perlu diganti, disarankan untuk membawa iPhone tersebut ke service center Apple untuk ditangani lebih lanjut.