Cara Mengatasi Layar iPhone Menjadi Warna Hijau

Halaman dukungan komunitas Apple dibanjiri oleh sebagian kecil pengguna iPhone 12 yang mengeluhkan bahwa layar pada iPhone mereka berubah menjadi warna hijau. Sebagian pengguna juga mengatakan bahwa kecerahan layar yang tinggi akan memperjelas tampilan hijau tersebut.


Masalah ini kemungkinan besar diakibatkan oleh bug pada iOS dan hanya dialami oleh pengguna iPhone terbaru dengan layar OLED, seperti iPhone X, iPhone Xs, iPhone Xs Max, iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max atau lebih baru.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kalian bisa mencoba beberapa cara di bawah berikut.

Restart iPhone

Setiap masalah yang diakibatkan oleh Bug, tidak jarang dapat dengan mudah diatasi hanya dengan melakukan Restart, sederhananya silakan matikan iPhone kemudian nyalakan kembali dan lihat hasilnya.

Atau kalian juga bisa menggunakan metode Force Restart berikut ini:

iPhone 8, Xr, Xs, 11, 12, SE 2020 atau lebih baru

  • (lakukan dalam tempo yang cepat) Tekan tombol Volume Atas lalu lepas, kemudian Tekan tombol Volume Bawah lalu lepas, terakhir Tekan dan Tahan tombol Power / Lock hingga iPhone menampilkan logo Apple alias Restart

iPhone 7 dan 7 Plus

  • Tekan dan Tahan tombol Volume Bawah dan Power / Lock secara bersamaan hingga iPhone Restart

iPhone 6S, 6, 5S atau lebih lama

  • Tekan dan Tahan tombol  Power / Lock dan Home secara bersamaan hingga iPhone Restart

Update ke iOS versi Terbaru

Ada kemungkinan tampilan berwarna hijau tersebut disebabkan oleh Bug pada versi iOS yang kalian gunakan saat ini. Untuk mengatasinya cukup mudah, silakan update ke iOS versi terbaru dan lihat hasilnya.

Untuk melakukan update iOS, siapkan koneksi WiFi atau bisa menggunakan data seluler namun pastikan sudah menggunakan jaringan 5G dan baterai minimal 50%. Jika sudah download dan install pembaruan yang tersedia melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Nonaktifkan True Tone & Night-Shift

Pertama kalian dapat mencoba menonaktifkan fitur "True Tone", sekilas fitur ini berfungsi untuk mengubah suhu warna pada iPhone mengikuti pencahayaan disekitar kalian. Cara menonaktifkan True Tone silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Tampilan & Kecerahan.

Apabila menonaktifkan True Tone tidak membuahkan hasil, nonaktifkan juga fitur "Night-Shift" apabila dalam keadaan menyala melalui menu yang sama.

Pastikan Filter Warna dalam Keadaan Tidak Aktif

iPhone memiliki fitur Filter Warna yang berfungsi untuk mengubah tampilan warna, pastikan kalian tidak mengaktifkan fitur ini. Silakan cek melalui aplikasi Pengaturan > Aksesibilitas > Layar & Ukuran Teks > Filter Warna.

Reset Pengaturan iPhone

Terakhir, pertimbangkan untuk mereset pengaturan di iPhone kalian kembali ke pengaturan semula, namun tenang saja cara ini tidak akan menghapus data-data pribadi kalian alias hanya pengaturan saja.

Caranya buka aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang kemudian pilih menu "Atur Ulang Pengaturan".

Masih Belum Berhasil?

Apabila cara-cara di atas tidak ada satupun yang membuahkan hasil, yang dapat menjadi harapan adalah menunggu update iOS terbaru dari Apple untuk memperbaiki masalah tersebut.

Apabila masalah hadir setelah melakukan update ke iOS terbaru, pertimbangkan untuk melakukan downgrade atau restore iOS menggunakan cara-cara berikut: Cara Download, Install dan Restore IPSW / Firmware iOS iPhone

Namun apabila sudah melakukan semua cara termasuk update, restore, dan lain sebagainya tetapi tetap tidak membuahkan hasil, ada kemungkinan masalah datang dari layar iPhone itu sendiri. Silakan bawa iPhone tersebut ke Service Center Apple Authorized untuk diperiksa lebih lanjut atau garansikan jika dibutuhkan.