Berapa Lama iPhone Baru Harus Dicas untuk Pertama Kalinya?

Cukup banyak pertanyaan yang seringkali ditanyakan oleh banyak pengguna yang baru saja mendapatkan iPhone atau iPad baru, soal berapa lama iPhone baru harus dicas? atau bagaimana cara ngecas iPhone yang masih baru dengan benar?


iPhone Baru Harus Dicas Berapa Lama?

Apabila kalian baru saja mendapatkan iPhone atau iPad baru dan berpikir berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk ngecas iPhone saat pertama kali digunakan, maka jawabannya adalah cukup sampai penuh saja.

Tidak jarang cukup banyak beredar informasi bahwa iPhone baru untuk pertama kalinya harus dicas selama 3 jam bahkan 8 jam sebelum dapat digunakan dengan normal, sepertinya untuk saat ini hal tersebut sudah tidak perlu dilakukan lagi. Mengapa?

Sampai sekarang belum ada data yang jelas soal apakah mengecas baterai iPhone baru saat pertama kali digunakan dalam jangka waktu tertentu, dapat berdampak pada baterai atau tidak, bahkan Apple pun tidak memberikan instruksi akan hal ini (Baterai dan Kinerja iPhone).

Baterai Lithium-ion yang digunakan oleh iPhone sudah dibekali dengan teknologi yang sangat canggih, sehingga melakukan pengisian daya dalam jangka waktu tertentu saat pertama kali menggunakan iPhone baru, sekiranya sudah tidak dibutuhkan lagi.

Jadi, hal yang tepat untuk ngecas iPhone baru saat pertama kali digunakan adalah cukup sampai penuh saja dan untuk kedepannya lakukanlah pengisian daya seperti biasa.

Hal penting yang sebenarnya perlu kalian adalah apakah baterai pada iPhone bermasalah atau tidak, contohnya apakah iPhone mau mengisi daya dengan baik? atau apakah muncul gejala-gejala aneh seperti baterai tidak mau mengisi daya, terlalu panas saat dicas (overheat), dan lain sebagainya.

Tips Ngecas Baterai iPhone agar Awet dan Tahan Lama

Berikut adalah beberapa tips yang dapat kalian gunakan untuk merawat kesehatan baterai iPhone agar tidak cepat menurun.

  • Hindari menggunakan iPhone sambil dicas (terutama untuk aktivitas yang banyak menggunakan daya baterai)
  • Hindari menaruh apalagi ngecas iPhone langsung terpapar sinar matahari atau area sauna yang panas (hindari panas berlebih pada baterai)
  • Selalu gunakan charger yang asli dan berkualitas
  • Segera cas iPhone ketika baterai menunjukkan angka 20%
  • Apabila tidak diperlukan hindari cas iPhone sampai 100% (cukup sampai sekitar 80%)
  • Hindari sumber daya usb atau power bank berkualitas rendah

Baik itu saja informasi soal bagaimana cara ngecas iPhone baru saat pertama kali digunakan. Apabila ada yang ingin ditanyakan, sampaikan, atau mungkin tambahkan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.