Cara Install IPA di iPhone dan iPad dengan Filza File Manager

Filza File Manager merupakan aplikasi manajemen file multifungsi yang dibuat khusus bagi pengguna iOS / iPadOS iPhone, iPad, hingga iPod touch yang sudah di-Jailbreak.


Filza File Manager tidak hanya untuk mengakses file-file sistem (root) pada iPhone, namun juga dapat digunakan untuk menginstall paket file (.IPA) hingga file tweak jailbreak (.DEB).

Tetapi khusus untuk menginstall paket file IPA dibutuhkan juga tweak tambahan lainnya yang sangat penting, yaitu "AppSync Unified" yang berfungsi untuk mengizinkan iPhone menginstall file IPA secara bebas (Unsigned IPA).

Kalau begitu, langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut untuk menginstall IPA menggunakan Filza File Manager.

Cara Install IPA di iPhone dan iPad dengan Filza File Manager

PENTING!!! Sebelum menginstall tweak khususnya AppSync Unified, pastikan terlebih dahulu kompatabilitasnya dengan versi iOS pada iPhone / iPad yang kalian gunakan, apabila tweak tidak cocok / kompatibel, maka iPhone dan iPad berisiko mengalami masalah atau bootloop. (Do With Your Own Risk!)

1. Bagi yang belum install, silakan install terlebih dahulu aplikasi Filza File Manager dan tweak AppSync Unified, keduanya dapat kalian dapatkan melalui repo berikut:

  • Filza File Manager (BigBoss) - BigBoss merupakan Repo bawaan aplikasi Cydia dan biasanya sudah terinstall, namun untuk beberapa kasus tertentu berikut adalah alamat repo BigBoss - http://apt.thebigboss.org/repofiles/cydia/
  • AppSync Unified (Karen's Repo) - https://cydia.akemi.ai atau klik disini untuk menambahkan langsung ke aplikasi Cydia.

Cara memasukkan Repo: pada aplikasi Cydia masuk ke menu Sources > Edit > Add

2. Jika sudah, langsung saja cari dan download kedua tweak tersebut

3. Selanjutnya, silakan download atau transfer file .IPA yang akan didownload ke dalam aplikasi Filza File Manager

4. Kemudian di aplikasi Filza File Manager, silakan tap file IPA yang akan diinstall lalu tap lagi Install


5. Sekarang tunggu hingga proses installasinya selesai


Sama seperti ketika menginstall aplikasi melalui App Store, aplikasi IPA yang diinstall juga akan muncul di Home screen.

Tetapi perlu diketahui juga bahwa aplikasi yang diinstall melalui Filza File Manager + tweak AppSync Unified, hanya dapat dijalankan / berfungsi selagi perangkat masih dalam keadaan terjailbreak. Apabila perangkat masuk ke dalam mode non-jailbreak, maka aplikasi tidak bisa dijalankan sebelum masuk kembali ke mode Jailbreak.


Baik, itu saja informasi cara install IPA di iPhone dan iPad menggunakan Filza File Manager. Apabila ada yang ingin disampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.