Cara Setting Personal Hotspot di iPhone XR, XS dan XS Max

Fitur Personal Hotspot / Hotspot Pribadi pada iPhone maupun iPad umumnya tidak langsung tersedia. Pengguna perlu secara manual mengaktifkan fitur Personal Hotspot yang salah satu caranya yakni dengan mengatur pengaturan APN jaringan.


APN atau Access Point Name merupakan konfigurasi / pengaturan yang akan digunakan oleh operator jaringan seluler untuk mengidentifikasi dan menentukan jaringan pada suatu perangkat. APN bisa dikatakan juga sebagai pintu gerbang (gateway) yang menghubungkan antara pengaturan internet di sebuah perangkat dengan jaringan operator seluler yang digunakan.

Pengguna dapat mengatur pengaturan APN jaringan untuk mengaktifkan atau menampilkan menu Personal Hotspot.

Khusus pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara mudah setting, mengatur, atau menampilkan menu Personal Hotspot / Hotspot Pribadi untuk iPhone XR, iPhone XS, hingga iPhone XS Max. Sebenarnya cara ini pun dapat diterapkan juga pada model iPhone lainnya.

Kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Cara Mengatur / Setting Personal Hotspot di iPhone XR, XS dan XS Max

1. Pertama-tama buka aplikasi Pengaturan (Settings) iPhone

2. Lalu masuk ke menu Seluler (Cellular) kemudian pilih lagi menu Jaringan Data Seluler (Cellular Data Network)


3. Selanjutnya silakan masukan APN dari provider jaringan yang digunakan pada kolom APN yang tersedia, lebih khususnya pada menu Hotspot Pribadi (Personal Hotspot).

Berikut adalah daftar APN sesuai dengan Provider Penyedia Jaringan Seluler yang ada di Indonesia.

Untuk memastikan lebih lanjut soal informasi APN, kalian bisa juga menghubungi provider / operator seluler yang digunakan.

  • Telkomsel, masukan APN: telkomsel
  • Indosat, masukan APN: indosatgprs
  • XL, masukan APN: internet
  • Smartfren, masukan APN: smartfren4g
  • Axis, masukan APN: axis
  • Tri, masukan APN: 3gprs
  • By.u, masukan APN: byu

Contoh setelah memasukan APN bisa dilihat pada gambar berikut:


4. Jika sudah, langkah yang terakhir silakan restart jaringan iPhone kalian dengan cara mengaktifkan Mode Pesawat (Airplane Mode) kemudian menonaktifkannya kembali.


Apabila menu Personal Hotspot masih belum muncul coba tutup aplikasi Pengaturan iPhone kemudian buka kembali, jika masih belum muncul juga coba restart iPhone atau bisa menggunakan cara force restart berikut:

  1. Tekan tombol Volume Atas lalu lepas.
  2. Tekan tombol Volume Bawah lalu lepas.
  3. Tekan dan Tahan terus tombol Power / Lock hingga iPhone menampilkan logo Apple (Restart).

Jika berhasil, maka menu Personal Hotspot atau Hotspot Pribadi dapat ditemukan pada menu utama aplikasi Pengaturan.


Untuk mengaktifkan Personal Hotspot / Hotspot Pribadi silakan tap pada menu Izinkan Akses (Allow Others to Join). Sedangkan untuk mengatur atau mengubah Password, silakan tap pada menu Kata Sandi Wi-Fi (Wi-Fi Password).


Untuk nama yang digunakan oleh Personal Hotspot sendiri akan mengikuti sesuai nama iPhone (Baca Juga: Cara Mengubah Nama Personal Hotspot iPhone dan iPad).

Sebagai informasi tambahan, perangkat yang terhubung ke akun iCloud yang sama dengan perangkat yang mengaktifkan personal hotspot, dapat langsung terhubung tanpa memerlukan password.

Untuk melihat penggunaan kuota Personal Hotspot silakan masuk ke menu Seluler (Celluler) > Hotspot Pribadi (Personal Hotspot), selengkapnya: Cara Cek Pemakaian Kuota Hotspot Tethering di iPhone dan iPad

Oke, itu saja informasi cara setting, mengatur, atau menampilkan menu Personal Hotspot / Hotspot Pribadi di iPhone XR, iPhone XS, dan iPhone XS Max. Apabila ada yang ingin disampaikan, langsung saja tinggalkan pada kolom komentar di bawah. Terima Kasih!