Arti dan Maksud dari iPhone Global Version

Pernahkah kalian menemukan istilah iPhone Global Version atau iPhone Versi Global terutama dalam dunia jual beli iPhone? bingung dengan apa arti dan maksud dari iPhone Global tersebut? lalu apa saja sih perbedaan, keunggulan, maupun kekurangan dari iPhone Global dibandingkan dengan jenis iPhone lainnya?


Arti dan Maksud dari iPhone Global

iPhone Global merujuk pada iPhone yang didesain untuk pengguna dalam jangkauan yang luas dan umum, dalam arti kompatibel atau menyesuaikan dengan jaringan yang tersedia di hampir seluruh negara di dunia.

Selain itu iPhone Global juga sering merujuk pada iPhone yang sudah mendukung dua teknologi jaringan, yakni antara GSM dan CDMA.

Karena tidak semua negara memiliki frekuensi jaringan yang sama, iPhone didesain untuk menyesuaikan dengan kompatibilitas jaringan yang tersedia di negara tujuan, sehingga hadirlah istilah iPhone Global yang mendukung lebih banyak jaringan/operator yang tersedia pada kebanyakan negara lainnya.

Dalam jual beli istilah ini juga digunakan untuk menggambarkan bahwa iPhone tersebut dapat menggunakan kartu SIM dari hampir seluruh Operator Seluler yang tersedia di dunia tanpa adanya kendala kompatibilitas jaringan dan lain sebagainya.

Keunggulan dari iPhone Global sendiri yakni dapat menggunakan jaringan hampir di seluruh negara di dunia termasuk di Indonesia.


Cara Cek iPhone Global atau Bukan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa iPhone sendiri terbagi menjadi beberapa model untuk tujuan kompatibilitas jaringan di negara tertentu.

Sebagai contoh iPhone 11 terbagi menjadi 3 buah model yakni:

  • A2111 khusus untuk Kanada dan Amerika Serikat
  • A2223 khusus untuk China mainland, Hong Kong, Macao
  • A2221 khusus untuk Negara dan Regional lainnya

Dari contoh di atas bisa diambil kesimpulan bahwa iPhone 11 dengan model A2221 tergolong iPhone Global, karena didesain untuk mendukung kompatibilitas jaringan di banyak negara dan regional di luar dari yang didukung oleh model A2111 dan A2223.

Namun, hal ini tidak berarti model iPhone lainnya seperti contoh A2223 tidak dapat digunakan di Indonesia. Sejujurnya, Admin sendiri menggunakan iPhone 11 dengan model A2223 dan hasilnya Admin tetap dapat menggunakan jaringan operator manapun yang ada di Indonesia.

Mengapa? Admin sendiri masih tidak yakin 100%, namun kemungkinan terbesarnya datang dari kompatibilitas jaringan antara A2221 dan A2223 yang tergolong sama-sama kompatibel dengan jaringan yang digunakan oleh beragam operator di Indonesia. (jika ada yang tau lebih detail, mohon dikoreksi).

Untuk daftar model serta kompatibilitas jaringannya dapat kalian cek langsung melalui halaman berikut ini: https://www.apple.com/iphone/cellular/

Bagaimana cara cek model iPhone kalian? silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Umum > Mengenai lalu tap pada menu Nomor Model.

Penutup...

Baik, itu saja informasi Arti dan Maksud dari iPhone Global Version atau Versi Global. Apabila ada yang ingin ditanyakan, sampaikan atau mungkin menambahkan? silakan tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih!