Penyebab Foto di Galeri iPhone Hilang Sendiri dan Cara Mengembalikannya

Tidak sedikit laporan dari para pengguna iPhone yang mana semua foto-foto dan video di galeri foto iPhone mereka tiba-tiba menghilang sendiri secara misterius.


Lalu kenapa dan apa yang menyebabkan seluruh foto dan video di iPhone tiba-tiba menghilang, bagaimana solusi untuk mengembalikannya?

Untuk jawaban kenapa bisa hilang tentu tidak bisa dipastikan, kita harus mencari tahunya sendiri dengan mencoba beberapa cara di bawah berikut.

Restart iPhone

Untuk melangkah ke cara yang lebih detail, pertama-tama silakan Restart iPhone kalian terlebih dahulu untuk mencegah apabila masalah di atas diakibatkan oleh Bug pada sistem/iOS.

Cara sederhana restart yakni kalian cukup mematikan iPhone kemudian menyalakannya kembali, atau kalian juga dapat mengikuti cara Force Restart berikut:

Untuk iPhone 8, X, XR, XS, 11, SE 2, 12, 13, dll.

  • Tekan tombol Volume Atas lalu segera lepas
  • Tekan tombol Volume Bawah lalu segera lepas
  • Tekan dan Tahan terus tombol Power/Lock hingga iPhone menampilkan logo Apple (Restart)

Untuk iPhone 7 dan 7 Plus

  • Tekan dan Tahan terus tombol Volume Atas dan Power/Lock secara bersamaan hingga iPhone menampilkan logo Apple (Restart)

Untuk iPhone SE, 6S, 6, 5S, 5C, 5, dll.

  • Tekan dan Tahan terus tombol Power/Lock dan Home secara bersamaan hingga iPhone menampilkan logo Apple (Restart)

Setelah restart selesai coba cek kembali galeri foto iPhone dan lihat hasilnya. Apabila foto masih belum ada juga, langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut:

Cek Menu Baru Dihapus

Untuk melihat kemungkinan apakah kalian secara tidak sengaja menghapus foto tersebut, silakan ikuti cara berikut untuk mengetahuinya:

1. Buka aplikasi Galeri Foto iPhone

2. Lalu pada menu yang ada di bagian bawah, pilih menu Album

3. Kemudian cari menu Baru Dihapus dan cek apakah foto-foto kalian yang terhapus ada di sana atau tidak


Jika ya kalian cukup mengembalikannya dengan cara tap menu Pilih kemudian pilih foto-foto dan video yang akan dikembalikan lalu tap menu Pulihkan.

Cek Menu Tersembunyi

Kemungkinan selanjutnya cek juga apakah foto atau video tersebut mungkin sebelumnya secara tidak sengaja disembunyikan? caranya hampir sama:

1. Buka aplikasi Galeri Foto iPhone

2. Lalu pada menu di bagian bawah pilih menu Album

3. Kemudian cari menu Tersembunyi dan cek foto-foto yang terhapus apakah ada di sana atau tidak


Sebagai tambahan, apabila tidak terdapat menu Tersembunyi silakan buka Pengaturan > Foto lalu aktifkan menu Tersembunyi.

Untuk mengembalikan foto yang tersembunyi caranya sama seperti di atas, silakan tap menu Pilih lalu pilih foto yang akan dikembalikan, kemudian tap pada icon Berbagi dipojok kiri bawah layar, lalu pilih lagi menu Tunjukkan.

Aktifkan Foto iCloud

Perlu diketahui bahwa foto-foto dan video yanga ada di iPhone kalian umumnya tersimpan secara otomatis ke akun iCloud yang digunakan.

Menonaktifkan menu Foto iCloud serta secara tidak sengaja mengeluarkan (log out) maupun mengganti akun iCloud pada iPhone, dapat membuat foto-foto serta video yang tersimpan pada akun iCloud tersebut menghilang dari iPhone.

Untuk mengatasinya, silakan ikuti cara-cara di bawah berikut:

1. Pastikan iPhone telah terhubung ke internet (disarankan WiFi) serta menggunakan akun iCloud yang sama ketika foto/video yang hilang tersebut diambil

2. Kemudian buka aplikasi Pengaturan iPhone

3. Lalu cari dan masuk ke menu Foto


4. Selanjutnya silakan aktifkan menu Foto iCloud serta disarankan untuk mengaktifkan menu Unduh dan Simpan yang Asli


Jika sudah iPhone akan mulai men-download dan menyimpan foto-foto yang ada/tersimpan di iCloud kembali ke Galeri Foto di iPhone. Silakan cek aplikasi galeri Foto iPhone.

Untuk memastikan proses download berjalan dengan baik, silakan nonaktifkan Mode Data Rendah dan Mode Daya Rendah apabila sebelumnya telah aktif, pastikan ruang penyimpanan cukup tersedia, gunakan internet yang kencang (disarankan WiFi), dan hubungkan iPhone ke pengisian daya.

Bagaimana jika menu Foto iCloud sebelumnya sudah dalam keadaan aktif? silakan matikan kemudian aktifkan kembali. Selain itu pastikan juga iPhone telah terhubung ke internet.

Apabila tidak membuahkan hasil juga, lanjutkan ke cara di bawah berikut.

Login Ulang iCloud

Penting! pastikan kalian menggunakan akun iCloud yang sama ketika foto atau video tersebut diambil. Sebab seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa ada kemungkinan besar foto dan video yang ada di iPhone kalian tersimpan ke dalam akun iCloud.

Mengganti atau mengeluarkan akun iCloud dari iPhone dapat menyebabkan foto dan video yang tersimpan pada akun iCloud sebelumnya menghilang atau terhapus dari iPhone.

Namun tidak perlu khawatir, kalian dapat mengembalikannya dengan mudah dengan cara login kembali akun iCloud tersebut ke iPhone, atau jika sudah dalam keadaan login silakan login ulang dengan cara-cara di bawah berikut.

1. Buka aplikasi Pengaturan iPhone

2. Kemudian tap pada menu ID Apple, iCloud, Media & Pembelian

3. Jika sudah cari dan pilih menu Keluar


Setelah keluar silakan Login kembali akun iCloud tersebut ke dalam iPhone melalui menu yang sama dan pastikan kembali menu Foto iCloud telah dalam keadaan aktif.

Cek Foto dan Video yang Apakah Ada di iCloud

Untuk memastikan apakah Foto dan Video yang menghilang tersebut benar-benar terhapus secara permanen atau ternyata masih tersimpan ke dalam iCloud, silakan ikuti cara-cara berikut.

1. Buka browser Safari bawaan iPhone atau bisa menggunakan browser manapun (termasuk di komputer/laptop)

2. Jika sudah silakan bukan dan login akun iCloud kalian ke website iCloud atau silakan klik link berikut: https://www.icloud.com/

3. Setelah login silakan buka menu Photos dan cek apakah foto-foto kalian yang menghilang ada di sana atau tidak


Jika ada seharusnya dengan mengikuti cara-cara ke-3 dan ke-4 sebelumnya di atas sudah bisa mengembalikan foto dan video tersebut kembali ke dalam iPhone.

Sedangkan apabila foto dan video yang hilang permanen tersebut tidak terdapat di dalam akun iCloud tersebut, maka kemungkinan besar foto dan video di iPhone kalian telah terhapus secara permanen.

Solusi Terakhir

Apabila cara-cara di atas tidak ada yang membuahkan hasil serta foto dan video yang hilang tidak tersimpan ke iCloud, silakan cek apakah sebelumnya foto dan video tersebut pernah dibackup ke dalam komputer/laptop?

Jika sebelumnya kalian pernah menghubungkan (sync) iPhone tersebut ke aplikasi iTunes di komputer, maka ada kemungkinan besar foto-foto dan video yang ada saat foto tersebut dihubungkan ke iTunes dibackup secara otomatis.

Untuk mengembalikan Foto dan Video iPhone yang terhapus permanen, selengkapnya sudah Admin bahas melalui Postingan berikut, silakan dibaca: Cara Mengembalikan Foto dan Video yang Terhapus Permanen di iPhone

Baik, itu saja informasi penyebab dan cara mengembalikan foto dan video di iPhone yang tiba-tiba menghilang/terhapus sendiri. Apabila ada yang ingin ditanyakan, sampaikan, atau mungkin ada yang punya solusi? silakan tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih!