Penyebab dan Cara Mengatasi Kamera iPhone Berembun

Cukup banyak laporan dari para pengguna yang mengeluhkan bahwa lensa Kamera di iPhone mereka entah itu kamera belakang (utama) atau kamera depan (selfie), sangat mudah berembun apabila terkena udara yang lembab atau saat cuaca hujan.

Lalu apa penyebabnya dan bagaimana solusi mengatasi kamera iPhone yang mudah berembun tersebut?

Penyebab Kamera iPhone Berembun

1. Lensa Pelindung Kamera iPhone Kotor

Penanganan pertama yang dapat kalian lakukan adalah dengan membersihkan lensa pelindung kamera tersebut menggunakan kain yang halus/lembut hingga benar-benar bersih.


Lensa pelindung kamera iPhone dalam kondisi kotor dapat menyebabkan penurunan kejernihan kamera seperti layaknya berembun.

2. Menggunakan Pelindung Kamera

Apabila kalian menggunakan lapisan tambahan untuk melindungi lensa kamera seperti tempered glass, ada kemungkinan lapisan pelindung yang ditambahkan tersebut lah yang menyebabkan kamera iPhone mudah berembun.

Untuk mengetahuinya silakan coba lepaskan pelindung tersebut lalu cek hasilnya.

Apabila tidak berhasil atau memang sebelumnya tidak menggunakan lapisan pelindung tambahan apapun pada kamera, kemungkinan di bawah berikut dapat menjadi penyebab terbesarnya.

3. Housing iPhone Tidak Asli

Apakah kalian membeli iPhone tersebut dalam kondisi bekas/rekondisi? jika ya, ada kemungkinan besar bahwa housing atau rangka bodi iPhone tersebut khususnya panel bagian belakang sudah dalam kondisi tidak asli bawaan iPhone tersebut lagi alias pernah diganti.

Nah, mengganti housing/rangka bodi iPhone berarti mengganti juga lensa/kaca yang digunakan untuk melindungi kamera.

Tanda panah di atas menunjukkan lensa pelindung kamera pada housing/rangka iPhone.

Perlu diketahui bahwa rata-rata housing pengganti dengan kualitas yang kurang baik memiliki kaca/lensa pelindung kamera yang mudah sekali berembun, hal inilah yang menjadi alasan utama penyebab mengapa kamera iPhone mudah berembun.

Jadi penyebabnya bukan dari kamera itu sendiri melainkan lebih ke lensa pelindung dari ranka/bodi iPhone yang sudah pernah diganti.

Hal seperti ini umum terjadi pada iPhone dalam status rekondisi/refurbished alias bekas servisan yang pernah diganti housing/rangka, meskipun terlihat baru dan mulus namun kondisi lensa pelindungnya tentu tidak sebaik yang aslinya.


Penutup...

Apabila kamera iPhone berembun di saat-saat tertentu saja misalnya saat berada di tempat yang lembab atau saat sedang hujan, maka kemungkinan ke 1, 2, khususnya 3 di atas dapat menjadi penyebab utamanya.

Sedangkan apabila kamera iPhone seperti berembun terus-menerus meskipun sudah dibersihkan, disarankan untuk menggaransikan iPhone tersebut apabila masih dalam masa garansi.