Status Jailbreak iOS/iPadOS 15.2 untuk iPhone dan iPad

Setelah lebih dari sebulan Apple kembali merilis update iOS 15.2 yang membawa sejumlah fitur baru, peningkatan, maupun perbaikan.


Update kali ini direkomendasikan khusus yang menginginkan keamanan ekstra pada iPhone-nya, namun bagaimana untuk ketersediaan jailbreaknya sendiri?

Status Jailbreak iOS 15.2

Lagi dan lagi, status jailbreak iOS 15.2 bahkan sejak iOS 15 belum berubah, yakni tidak tersedia secara penuh dalam arti hanya iPhone 6S hingga iPhone X sajalah yang berkesempatan mendapatkan akses jailbreak melalui aplikasi Checkra1n.

Sekilas, Checkra1n merupakan aplikasi jailbreak Semi-Tethered yang menggunakan exploit "hardware-based" pada iPhone 6S hingga iPhone X. Hal inilah yang membuat aplikasi Checkra1n dapat dengan mudah mendapatkan akses jailbreak pada iPhone yang terdampak di iOS versi berapapun.


Sedangkan sampai saat ini belum ada satupun aplikasi jailbreak yang tersedia dan mendukung jailbreak iOS 15 untuk iPhone XR, iPhone XS, iPhone 11, SE 2, 12, ataupun 13.

Mau Jailbreak? Sebaiknya Hindari iOS 15.2 atau downgrade ke iOS 15.1

Kabarnya, salah satu peneliti keamanan iOS @realBrightiup dikabarkan akan merilis exploit yang dapat digunakan untuk jailbreak iOS 15.1.

Dari tweet yang dibagikan terlihat kernel exploit iOS 15.1 pada iPhone 12 Pro Max (iPhone 13,4) yang kemungkinan dapat menjadi pertanda kehadiran jailbreak iOS 15.1 dalam waktu dekat.


Untuk saat ini bagi pengguna iPhone 6S hingga iPhone X kalian dapat memanfaatkan aplikasi Checkra1n untuk mendapatkan akses jailbreak di iPhone kalian.

Cara Jailbreak iOS 15.2

Perlu diperhatikan bahwa aplikasi Checkra1n saat ini belum secara resmi mengumumkan dukungan untuk iOS 15.2, namun pengguna dapat mencobanya sendiri dengan risiko kegagalan hingga bootloop yang tentu juga ditanggung sendiri.

Bagi pengguna iPhone 6S hingga iPhone X yang ingin mencobanya (do with your own risk!), langsung saja cek tutorial melalui link berikut: Cara Jailbreak Semua iOS (iPhone 5S - X) Menggunakan Checkra1n