Apakah iPhone 13, 13 Pro, 13 Pro Max, 13 mini Sudah Support 5G?

Saat ini kita akan segera memasuki era jaringan 5G yang menawarkan kecepatan yang jauh lebih tinggi serta latensi atau waktu respon yang sangat rendah.

Untuk menghadapi era jaringan 5G apakah iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max sudah support atau bisa menggunakan jaringan 5G?

Apakah iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max Sudah 5G?


Ya, seluruh jajaran iPhone 13 yakni iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max seluruhnya sudah mendukung dan dapat menggunakan jaringan 5G.

Namun, perlu diperhatikan bahwa jaringan 5G hanya bisa didapatkan apabila operator jaringan seluler yang kalian gunakan telah menyediakannya. Jika tidak, iPhone akan menyesuaikan ke jaringan lainnya sesuai yang didukung oleh operator jaringan seluler tersebut.


Kelebihan dan Kekurangan 5G

Kelebihan utama dari jaringan 5G tentu saja berada di kecepatannya yang sangat tinggi serta latensi atau waktu respon yang sangat rendah, sehingga jaringan 5G bisa dikatakan akan sangat cocok digunakan bermain game online atau streaming video berkualitas tinggi tanpa nge-lag.

Selain itu, kalian juga dapat update iOS, backup data, dan lain sebagainya tanpa memerlukan WiFi lagi.

Kekurangannya datang dari penggunaan data (kuota) yang mungkin akan menjadi lebih boros. Di sisi lain jaringan 5G juga dapat meningkatkan penggunaan baterai terutama saat sinyal yang didapatkan sedang tidak stabil.

Cara Mengaktifkan 5G di iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max

Untuk mengaktifkan jaringan 5G pastikan kartu SIM serta layanan data yang digunakan telah mendukung jaringan 5G.

Jika sudah, silakan ikuti cara-cara di bawah berikut untuk mengaktifkannya.

1. Buka aplikasi Pengaturan

2. Kemudian masuk ke menu Seluler > Pilihan Data Seluler > Suara & Data

3. Selanjutnya silakan pilih menu 5G Otomatis atau 5G Aktif


Dengan memilih menu 5G Otomatis iPhone akan menurunkan kecepatan dari 5G ke LTE/4G untuk menghemat penggunaan daya baterai.

Apabila kalian memilih 5G Aktif iPhone akan terus menerus menggunakan jaringan 5G apapun keadaanya. Namun ingat, baterai mungkin akan sedikit menjadi lebih boros.

Sedangkan untuk menghemat penggunaan data 5G silakan atur melalui menu Seluler > Pilihan Data Seluler > Mode Data.