Berapa Lama iPhone 7 dan 7 Plus Dicharge Penuh?

iPhone 7 dan iPhone 7 Plus kalian terasa lama ketika dicharge atau diisi daya? berapa lama sih normalnya waktu yang dibutuhkan untuk nge-charge iPhone 7 dan iPhone 7 Plus hingga benar-benar penuh?


Sebelum melanjutkan perlu diketahui bahwa waktu charge iPhone sangat tergantung dari adaptor yang digunakan, kapasitas baterai, penggunaan iPhone selama dicharge, dan suhu.

Berhubung iPhone 7 dan iPhone 7 Plus belum mendukung Fast Charging maka pengisian daya akan memakan waktu yang cukup lama.

Perkiraan Waktu Charge iPhone 7 dan iPhone 7 Plus

Berikut adalah perkiraan waktu yang dibutuhkan oleh iPhone 7 dan iPhone 7 Plus untuk mengisi daya baterai dari kondisi hampir habis hingga benar-benar penuh 100%.

Waktu Charge iPhone 7 Plus
  • iPhone 7 Plus memiliki kapasitas baterai terbesar yakni sebesar 2.900 mAh, dengan charger standar berdaya 5 W bawaannya dibutuhkan waktu sekitar 3 jam 40 menit untuk mengisi daya hingga penuh.

Waktu Charge iPhone 7
  • iPhone 7 memiliki kapasitas baterai sebesar 1.960 mAh, dengan charger standar berdaya 5 W bawaannya dibutuhkan waktu sekitar 2 jam 30 menit untuk mengisi daya hingga penuh.

Pengisian daya mungkin akan jauh lebih lama bahkan cepat tergantung apakah iPhone tersebut digunakan selama dicharge atau tidak, aktivitas latar belakang berjalan seperti update atau backup otomatis, kesehatan baterai, kualitas charger yang digunakan, dan suhu iPhone.

Tips Mempercepat Waktu Charge iPhone 7 dan iPhone 7 Plus


Meskipun iPhone 7 dan iPhone 7 Plus tidak mendukung Fast Charging namun kabarnya kedua iPhone tersebut mampu mengisi daya hingga maksimal 10 W sehingga pengisian daya dapat berlangsung sedikit lebih cepat.

Atau, langsung saja ikuti beberapa tips di bawah ini untuk mempercepat atau setidaknya mengoptimalkan waktu yang dibutuhkan saat mengisi daya iPhone.

  • Jangan gunakan iPhone selama dicharge
  • Lepas case apabila iPhone menjadi sedikit lebih panas saat dicharge
  • Aktifkan Mode Daya Rendah untuk membatasi aktivitas iPhone selama dicharge
  • Aktifkan Mode Pesawat jika memungkinkan (mematikan sementara sinyal seluler)

Pengisian daya mungkin akan melambat ketika daya baterai telah mencapai 80%. Hal ini dilakukan untuk melindungi komponen baterai dari kerusakan akibat panas berlebih yang dihasilkan selama pengisian daya berlangsung.

Penutup...

Sebagai informasi saja bahwa semakin rendah Kesehatan Baterai (Battery Health) iPhone maka waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya juga akan semakin cepat, karena baterai yang sudah kehilangan kemampuan untuk menampung daya sesuai kapasitas maksimalnya.

Kalian bisa cek Kesehatan Baterai iPhone melalui aplikasi Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai lalu perhatikan menu Kapasitas Maksimum.