Berapa Watt Fast Charging untuk iPhone 12, 12 mini, 12 Pro, 12 Pro Max?

Apple sendiri mengklaim bahwa dengan menggunakan Fast Charging iPhone dapat mengisi daya 50% dalam waktu sekitar 30 menit. Hal ini tentu jauh berlipat-lipat lebih cepat jika dibandingkan saat menggunakan charger standar yang hanya memiliki daya sebesar 5 W saja.


Nah, tidak sedikit pengguna yang bertanya-tanya soal seberapa besar Watt atau daya adaptor Charger untuk melakukan Fast Charging di iPhone 12, iPhone 12 mini, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max.

Fast Charging untuk iPhone 12, 12 mini, 12 Pro, dan 12 Pro Max Berapa Watt?

Berbeda dengan iPhone lainnya, jajaran iPhone 12, iPhone 12 mini, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max membutuhkan adaptor dengan daya 20 Watt atau lebih tinggi untuk melakukan Fast Charging.

Tepatnya adaptor 20 W, 29 W, 30 W, 61 W, 87 W, atau 96 W. Berikut contohnya:


Kalian tidak perlu khawatir untuk ukuran adaptor yang lebih besar dari 20 W (96 W misalnya), sebab iPhone sendiri secara otomatis akan membatasi atau mengatur daya yang masuk.

Namun, perlu diperhatikan juga bahwa agar Fast Charging dapat bekerja, kalian memerlukan Adaptor Fast Charger dengan konektor Type C serta kabel USB-C ke Lightning Apple untuk dihubungkan ke iPhone, berikut contoh kabelnya.


Penutup...

Sebagai informasi tambahan, selama pengisian daya cepat atau fast charging berlangsung iPhone akan sedikit menjadi lebih panas. Hal ini normal.

Selain itu pengisian daya cepat 50% dalam waktu sekitar 30 menit umumnya hanya terjadi apabila baterai iPhone dalam keadaan yang sangat sedikit atau hampir habis. Ketika sudah menyentuh angka 80% pengisian daya akan melambat untuk melindungi komponen baterai dari kerusakan akibat panas berlebih yang dihasilkan.