IMEI iPhone Tidak Terdaftar Tapi Masih Bisa Digunakan?

Seluruh perangkat seluler yang masuk dari luar negeri ke Indonesia termasuk iPhone dan iPad, dengan harga di atas US$ 500 atau sekitar Rp 7 juta, wajib membayarkan pajak terlebih dahulu melalui Kemenperin agar nomor IMEI pada perangkat tersebut tidak masuk dalam daftar blokir.


Akibat terblokirnya nomor IMEI maka iPhone dan iPad tidak akan dapat terhubung atau menggunakan kartu SIM dari operator jaringan seluler yang ada di Indonesia.

Namun, tidak sedikit pengguna yang bertanya-tanya, mengapa iPhone mereka IMEI-nya tidak terdaftar di Kemenperin namun masih bisa mendapatkan atau menangkap sinyal seluler?


IMEI iPhone Tidak Terdaftar Tapi Masih Bisa Digunakan/Mendapatkan Sinyal?


Perlu diketahui bahwa peraturan blokir IMEI tersebut hanya berdampak bagi seluruh perangkat termasuk iPhone dan iPad yang baru masuk ke Indonesia setelah peraturan tersebut diberlakukan.

Sedangkan iPhone dan iPad yang sudah diaktifkan atau masuk ke Indonesia sebelum peraturan tersebut berlaku, tidak akan terdampak blokir IMEI meskipun saat dicek IMEI-nya tidak terdaftar di Kemenperin.


Penutup...

Jadi tidak perlu khawatir apabila iPhone dan iPad kalian masih bisa menggunakan jaringan seluler dari operator yang ada di Indonesia meskipun saat dicek ternyata IMEI-nya tidak terdaftar di Kemenperin, sebab hal ini dapat menjadi pertanda bahwa iPhone atau iPad kalian tersebut telah aktif sebelum peraturan blokir IMEI diberlakukan.