Mengapa Layar iPhone Mati atau Tidak Mati Saat Telepon?

Cukup banyak pertanyaan yang Admin dapatkan dari pengguna iPhone seperti "mengapa layar iPhone mati saat telepon?" atau sebaliknya "mengapa layar iPhone tidak mati saat telepon?".


Nah, sebelum itu perlu diketahui juga bahwa layar iPhone yang mati atau tidak mati saat panggilan telepon berlangsung adalah hal yang normal dan sangat wajar.

Mengapa? berikut jawabannya...

Mengapa Layar iPhone Mati saat Telepon?

iPhone memiliki sensor proksimitas (Proximity sensor) yang digunakan untuk mendeteksi kehadiran suatu objek. Salah satu contoh penggunaan sensor tersebut yakni saat sedang melakukan panggilan telepon lalu pengguna mendekatkan iPhone ke telinga. Di sini iPhone secara otomatis akan mendeteksi telinga yang mendekat dan mematikan layar iPhone.

Tujuannya adalah untuk mencegah layar iPhone tidak sengaja tersentuh, menghemat penggunaan baterai, hingga mengurangi panas berlebih pada layar maupun telinga.

Mengapa Layar iPhone Tidak Mati saat Telepon?

Ketika iPhone tidak mendeteksi objek seperti telinga di depannya maka layar akan tetap menyala selama panggilan telepon berlangsung.

Hal yang sama berlaku juga ketika kalian menyalakan mode "Loud Speaker" untuk mendapatkan suara panggilan yang lebih besar.

Cara Memperbaiki Sensor Panggilan (Proximity sensor) iPhone yang Bermasalah

Apabila layar iPhone secara otomatis mati saat melakukan panggilan telepon padahal tidak ada objek yang menghalangi, atau layar iPhone yang tetap menyala meski tidak menggunakan mode speaker dan telah didekatkan dengan telinga.

Silakan coba cara-cara berikut untuk mengatasinya:

  • Restart iPhone (matikan dan nyalakan kembali)
  • Pastikan bagian sensor proximity yakni di dekat kamera iPhone tidak tertutup benda seperti stiker
  • Bersihkan seluruh area proximity sensor iPhone
  • Update ke iOS versi terbaru
  • Install ulang aplikasi yang digunakan (misalnya apabila masalah hanya terjadi di aplikasi WhatsApp)
  • Reset pengaturan iPhone

Jika cara-cara di atas tidak juga membuahkan hasil, mungkin saja walau sangat jarang terjadi, sensor priximity pada iPhone tersebut mengalami masalah atau kerusakan.

Penutup...

Nah, bagaimana apakah masalah atau pertanyaan kalian terkait layar iPhone yang mati/tidak mati saat melakukan panggilan telepon sudah teratasi?

Admin harap begitu ya.. namun jika ada yang ingin ditanyakan, sampaikan, atau mungkin ada yang mau menambahkan? langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih!