Di Mana Letak Find My iPhone?

Find My iPhone atau Cari iPhone Saja adalah fitur yang digunakan untuk melacak keberadaan iPhone kalian hingga iPhone teman/keluarga yang sudah ditambahkan sebelumnya. Selain itu fitur ini juga dapat kalian gunakan untuk melacak atau mengunci iPhone kalian yang hilang.

Nah, bagi yang masih baru menggunakan iPhone dan masih bingung di mana letak Find My iPhone serta cara menggunakannya, langsung saja simak informasinya berikut ini.

Di Mana Letak Find My iPhone?

Find My iPhone di iPhone dapat diakses melalui aplikasi yang bernama "Lacak" atau "Find My", contohnya bisa kalian lihat melalui gambar di bawah berikut:


Aplikasi tersebut adalah aplikasi bawaan iPhone dan tidak bisa dihapus. Jadi keberadaannya di iPhone kalian sudah pasti ada dan tidak perlu didownload lagi.

Cara Menggunakan Find My iPhone

Sangat sederhana, kalian cukup membuka aplikasi Lacak/Find seperti yang ditunjukkan di cara yang sebelumnya.

Kemudian pada menu Perangkat/Devices kalian bisa menemukan lokasi iPhone kalian di map yang mencakup juga perangkat Apple lainnya dengan akun iCloud yang sama.


Untuk membagikan lokasi iPhone kalian ke teman atau keluarga, kalian hanya perlu tap icon tanda "+" kemudian pilih "Bagikan Lokasi Saya" dan masukkan alamat email akun iCloud teman/keluarga yang ingin dibagikan.

Letak Pengaturan Find My iPhone di iPhone

Pengaturan "Find My iPhone" yang ada di iPhone hanya bisa diatur untuk dimatikan atau dinyalakan. Namun ingat, dengan mematikan Find My iPhone berarti iPhone tidak bisa lagi dilacak atau dikunci dari jarak jauh apabila hilang/dicuri. Di sisi lain iPhone juga dapat direset ke pengaturan pabrik tanpa memerlukan password.

Mematikan Find My iPhone hanya disarankan apabila kalian ingin menjual maupun menggaransikan iPhone tersebut, atau sedang dalam proses menginstall ulang/restore iOS (misalnya melalui IPSW).

Berikut adalah letak Pengaturan "Find My iPhone" di iPhone:

1. Buka aplikasi Pengaturan iPhone

2. Lalu masuk ke menu ID Apple, iCloud, Media & Pembelian

3. Kemudian masuk lagi ke menu Lacak > Cari iPhone Saya


Melacak iPhone yang Hilang dengan Find My iPhone

Find My iPhone adalah layanan yang bisa diakses melalui browser di perangkat apapun.

Jadi, apabila iPhone mengalami kehilangan, kalian tetap dapat mengakses fitur Find My iPhone untuk mengunci serta melacak keberadaan iPhone tersebut.

Bagaimana caranya? cukup mudah silaka buka aplikasi browser di perangkat manapun, entah itu smartphone Android, iPhone lainnya, laptop, komputer, dll.

Kemudian akses situs Find My iPhone berikut ini: https://www.icloud.com/find

Pada website tersebut, silakan masukkan akun iCloud yang digunakan pada iPhone kalian yang hilang untuk mulai mengakses Find My iPhone.

Selengkapnya silakan cek melalui postingan berikut: Cara Melacak iPhone yang Hilang Tanpa Aplikasi Find My iPhone

Penutup...

Nah, bagaimana sudah tau letak Find My iPhone serta cara menggunakannya?

Apabila masih ada yang belum dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan seputar Find My iPhone, jangan ragu langsung saja tinggalkan pertanyaan kalian melalui kolom komentar di bawah.