Cara Menyalakan dan Mematikan Lampu Senter di iPhone

Cukup banyak pengguna yang bertanya-tanya soal cara mengatur tepatnya menyalakan atau mematikan lampu flash senter di iPhone, terutama mungkin bagi pengguna yang baru saja pertama kali menggunakan iPhone.


Nah, pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara-caranya untuk kalian. Kalau begitu, tanpa banyak berbasa-basi lagi, langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut ini.

Cara Menyalakan dan Mematikan Senter iPhone Melalui Control Center

1. Buka atau akses "Control Center" iPhone. Caranya:

  • iPhone tanpa tombol Home (contohnya iPhone X, XR, XS, 11, 12, 13, dll.), silakan usap ujung kanan atas layar ke arah bawah. Sedangkan untuk menutupnya silakan usap sembarang layar dari arah bawah ke atas.

  • iPhone dengan tombol Home (contohnya: iPhone SE, SE 2,SE 3, 8, 7, 6S, dll.), silakan usap bagian tengah bawah layar ke arah atas. Sedangkan untuk menutupnya, usap sembarang layar dari arah atas ke bawah.

2. Jika sudah, tap pada icon atau menu "Senter" untuk menyalakan atau mematikannya.


3. Kalian juga bisa mengatur kecerahan senter dengan cara tap dan tahan pada menu "Senter" tersebut, kemudian silakan geser menu kecerahan sesuai keinginan.


Cara Menyalakan atau Mematikan Senter iPhone Melalui Notification Center atau Lock Screen

1. Buka atau akses "Notification Center" iPhone.


2. Kemudian tap pada icon atau menu "Senter" untuk menyalakan atau mematikannya.


Cara Menyalakan atau Mematikan Senter/Flash di Kamera iPhone

Untuk mematikan senter atau flash pada Kamera iPhone, silakan tap icon Flash yang berada di pojok kiri atas hingga icon berubah menampilkan tanda garis miring (tanda coret).


Sedangkan iPhone secara otomatis akan menyalakan flash ketika kondisi pencahayaan sekitar yang gelap. Namun, kalian bisa memaksanya menyala di segala kondisi dengan cara-cara berikut:

1. Tap pada icon panah seperti yang berada di atas tengah layar, contohnya seperti yang ditunjukkan oleh panah pada gambar di bawah berikut:


2. Selanjutnya, tap pada icon senter/flash yang ada di kiri bawah layar, lalu pilih menu "Kilat Nyala"


3. Jika sudah, maka sekarang Senter/Flash akan aktif di kondisi pencahyaan yang terang sekalipun

Melalui Aplikasi Pihak Ketiga

Selain cara-cara di atas, kalian juga bisa memanfaatkan aplikasi Pihak Ketiga yang mengizinkan kontrol lebih dalam untuk mengatur senter/flash iPhone.

Contoh aplikasi tersebut seperti: Flashlight ⓄFlashlight ⊜Flashlight for iPhone + iPad, dan lain sebagainya.

Memanfaatkan Senter/Flash Sebagai Tanda Notifikasi Masuk

Ya, di iPhone kalian dapat memanfaatkan kilatan senter/flash sebagai tanda notifikasi masuk. Tentu dengan aktifnya fitur ini, kalian perlu menaruh iPhone dengan layar menghadap ke bawah agar senter/flash dapat terlihat dengan jelas.

Cara-caranya silakan cek pada postingan berikut: Cara Mengaktifkan LED Notifikasi di Semua iPhone

Penutup...

Baik, itu saja informasi cara menyalakan ataupun mematikan lampu senter flash di iPhone. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih!