iPhone Tiba-Tiba Mati dan Menjadi Panas

Beberapa pengguna melaporkan bahwa iPhone mereka tiba-tiba mati total namun menjadi terasa panas ketika disentuh.

Lalu, apa sih penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab dan Cara Mengatasi iPhone Tiba-Tiba Mati dan Panas


iPhone yang tiba-tiba mati namun malah menjadi panas dapat menjadi pertanda kerusakan pada komponen layar atau baterai.

Jika beruntung, hal ini juga umumnya dapat disebabkan oleh sistem iPhone yang mengalami "Bug" atau kesalahan.

iPhone Mati dan Panas Akibat Bug pada Sistem


iPhone yang tiba-tiba mati akibat bug atau kesalahan pada sistem, memang sudah sangat umum terjadi. Mungkin saja masalah iPhone yang mati dan panas tersebut, memang disebabkan oleh bug pada sistem.

Nah, untuk mengatasi masalah ini kalian cukup me-restart paksa iPhone, sederhananya dengan mematikan dan menyalakan kembali iPhone secara paksa agar sistem iPhone bisa dimulai ulang kembali.

Caranya langsung saja ikuti langkah-langkah di bawah berikut:

iPhone 8, X, XR, XS, 11, 12, 13, SE 2, SE 3, dan lebih baru:

*lakukan dengan tempo perpindahan antar tombol tidak terlalu cepat namun tidak juga terlalu lambat! ulangi hingga beberapa kali jika perlu.

  • Tekan tombol "Volume Atas" lalu lepas
  • Tekan tombol "Volume Bawah" lalu lepas
  • Kemudian, Tekan dan Tahan terus tombol "Power/Lock" hingga iPhone menampilkan logo Apple (restart)

Khusus iPhone 7 dan 7 Plus:

  • Tekan dan Tahan terus tombol "Volume Atas" serta tombol "Power/Lock" secara bersamaan hingga iPhone menampilkan logo Apple (restart)

iPhone SE, 6S, 6, 5S, dan lebih lama:

  • Tekan dan Tahan terus tombol "Home" serta tombol "Power/Lock" secara bersamaan hingga iPhone menampilkan logo Apple (restart)

Ya, jika beruntung maka iPhone akan menampilkan logo Apple alias restart, dan setelah selesai kalian akan melihat bahwa iPhone akan berfungsi dan berjalan dengan normal kembali.

Untuk mengatasi masalah serupa terjadi lagi, pastikan untuk selalu meng-update iOS pada iPhone ke versi terbaru yang tersedia.

iPhone Mati dan Panas Akibat Kerusakan Layar


Banyak yang langsung menduga bahwa ketika layar iPhone mati, maka seluruh iPhone juga mati.

Padahal hal ini bisa saja hanya disebabkan oleh kerusakan pada komponen layar, dalam arti, hanya layar iPhone lah yang mengalami kerusakan namun mesinnya masih berjalan dan berfungsi dengan normal.

Sedangkan mesin yang masih berjalan atau melakukan aktivitas, tentu akan menghasilkan panas.

Untuk memastikannya, silakan charge atau telepon iPhone yang mati tersebut dan lihat hasilnya. Apabila iPhone mengeluarkan suara ketika dicharge atau telepon, maka kemungkinan terbesarnya komponen layar pada iPhone tersebutlah yang mengalami kerusakan.

Untuk mengatasinya, kalian perlu mencoba mengganti layar iPhone atau membawanya ke layanan perbaikan terpercaya yang sudah ahli di bidangnya.

iPhone Mati dan Panas Akibat Kerusakan Baterai


Salah satu ciri-ciri umum baterai yang mengalami kerusakan parah adalah mesin yang tiba-tiba mati total, mati-nyala sendiri, atau iPhone stuck di logo Apple (bootloop).

Meski begitu karena kerusakan baterai yang sudah parah, tidak menutup kemungkinan baterai mengalami malfungsi sehingga menghasilkan panas meskipun iPhone sudah dalam kondisi mati.

Untuk memperbaikinya, kalian bisa mencoba mengganti komponen baterai dengan yang baru atau disarankan untuk dibawa ke layanan perbaikan terpercaya yang sudah ahli di bidangnya.

Penutup...

Bagaimana, apakah masalah sudah teratasi? Admin berharap dengan cara pertama di atas sudah cukup mengatasi masalah tersebut.

Namun, apabila masalah tidak juga teratasi, Admin menyarankan untuk membawa iPhone tersebut ke layanan perbaikan yang sudah terpercaya serta ahli di bidangnya, agar iPhone dapat dicek kerusakannya secara detail.