Apa itu Kunci Orientasi Potret pada iPhone dan iPad?

Terkhusus bagi pengguna baru iPhone atau iPad, pasti kalian pernah mencoba menekan tombol dengan icon gembok-panah yang berada di control center.

Yang mana, ketika tombol tersebut ditekan muncul pesan "Kunci Orientasi Potret: Nyala atau Mati" untuk versi inggrisnya "Portrait Orientation Lock: On atau Off".

Lalu, apa itu Kunci Orientasi Potret dan apa arti serta fungsinya?

Apa itu Kunci Orientasi Potret pada iPhone dan iPad?


Kunci Orientasi Potret atau Portrait Orientation Lock adalah mode yang berfungsi untuk mengunci tampilan layar iPhone agar tetap dalam posisi berdiri atau vertikal.

Sebab, seperti yang kita ketahui bahwa banyak aplikasi yang secara otomatis akan berubah tampilan menjadi miring mengikuti posisi iPhone. Ketika iPhone dimiringkan, maka tampilan aplikasi juga akan melebar dalam posisi miring.

Dalam penerapan sehari-hari, ketika diaktifkan mode ini sangat berguna seperti contoh apabila kalian sedang memainkan iPhone sambil berbaring. Dengan begitu, tampilan aplikasi akan sejajar dengan posisi kepala kalian untuk memudahkan beragam hal seperti mengetik.

Di sisi lain, mungkin banyak juga pengguna iPhone yang kurang menyukai tampilan miring. Tak terkecuali untuk aplikasi atau game yang memang harus berada di tampilan miring.

Penutup...

Nah, bagaimana, sudah tau kan fungsi dari Kunci Orientasi Potret pada iPhone dan iPad?

Bagi kebanyakan pengguna mungkin mode Kunci Orientasi Potret akan selalu diaktifkan sepanjang waktu untuk mencegah layar iPhone ikut miring ketika iPhone dimiringkan.

Sebab, apabila kalian ingin agar tampilan aplikasi menjadi miring mengikuti posisi iPhone. Kalian dapat dengan mudah dan cepat mematikan mode tersebut melalui Control Center.

Sebagai informasi saja, beberapa aplikasi seperti YouTube memiliki pilihan untuk memiringkan layar meskipun Kunci Orientasi Potret iPhone dalam keadaan aktif.