Apa Fungsi Kontrol Perangkat di Sekitar di iPhone?

Pada menu aksesibilitas iPhone, pernahkah kalian menemukan menu "Kontrol Perangkat di Sekitar" atau "Control Nearby Devices"?

Ya, fitur yang pertama kali hadir di iOS 16 tersebut mungkin cukup menyita perhatian banyak pengguna.

Nah, sebenarnya apa sih fungsinya? dan bagaimana cara menggunakan fitur tersebut?

Apa Fungsi Kontrol Perangkat di Sekitar di iPhone?


Kontrol Perangkat di Sekitar atau Control Nearby Devices adalah fitur di iPhone yang berfungsi untuk mengontrol perangkat Apple lainnya seperti iPad atau iPhone yang berada dalam ID Apple yang sama

Kalian bisa mengontrol media yang diputar, membuka pusat kontrol dan notifikasi, mengakses multitask, memanggil virtual assistant siri, serta menekan tombol tertentu.

Namun ingat ya, kalian tidak bisa mengontrol perangkat tersebut secara penuh misalnya seperti mengontrol sentuhan.

Fitur ini cocok bagi kalian yang ingin mengontrol iPad atau iPhone lainnya untuk sekedar mengatur serta memilih video atau musik yang sedang diputar.

Cara Menggunakan Fitur Kontrol Perangkat di Sekitar di iPhone

Sebelum melanjutkan, pastikan perangkat yang ingin dikontrol setidaknya sudah menggunakan iOS atau iPadOS 16 dan lebih baru.

1. Pertama-tama, pastikan iPhone atau iPad lainnya yang ingin dikontrol sudah berada dalam satu akun ID Apple serta jaringan WiFi yang sama.

2. Jika sudah, langsung saja buka aplikasi Pengaturan > Akesibilitas > Kontrol Perangkat di Sekitar lalu pilih lagi menu "Kontrol Perangkat di Sekitar".



3. Setelah itu, akan muncul menu iPhone atau iPad yang berada pada akun yang sama dengan iPhone kalian.


4. Silakan tap pada perangkat yang ingin dikontrol tersebut dan kalian akan dihadapakan dengan pengontrol yang mirip seperti sebuah remot.


Penutup...

Untuk meluruskan saja, kalian tidak bisa mengontrol perangkat di luar iPhone atau iPad dengan fitur ini ya. Jadi, khusus perangkat Apple saja.

Bagi yang memiliki Apple Watch, kalian bisa menggunakan fitur "Pencerimanan Apple Watch" untuk mengontrol jam kalian secara penuh termasuk untuk fungsi sentuhan.