Penyimpanan iPhone dan iPad Loading Terus, Tidak Terbuka, atau Tidak Muncul

Tidak sedikit pengguna iPhone maupun iPad yang menemukan jika menu "Penyimpanan iPhone (iPad)" atau "iPhone (iPad) Storage" loading terus, singkatnya tidak kunjung terbukan, muncul, atau tampil (stuck).

Lalu, apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasi masalah tersebut?

Penyebab Menu Kapasitas Penyimpanan iPhone dan iPad Loading Terus, Tidak Terbuka, atau Tidak Muncul


Menu Kapasitas Penyimpanan iPhone dan iPad yang loading terus dan tidak kunjung terbuka umumnya disebabkan oleh dua hal:

  • Pertama karena kapasitas penyimpanan yang penuh sehingga iPhone dan iPad membutuhkan waktu yang lama untuk menghitung atau mengindex seluruh data-data.
  • Kedua karena Bug atau Kesalahan Sistem.

Ya, semakin banyak data-data di iPhone atau iPad kalian, terutama dengan kapasitas penyimpanan yang cukup besar, tidak menutup kemungkinan menyebabkan iPhone dan iPad kesulitan atau membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan atau mengumpulkan informasi ruang penyimpanan.

Di sisi lain, tidak jarang juga hal ini disebabkan oleh Bug atau Kesalahan Sistem.

Cara Mengatasi Kapasitas Penyimpanan iPhone dan iPad Loading Terus, Tidak Terbuka, atau Tidak Muncul

Untuk mengatasi menu "Penyimpanan iPhone (iPad)" atau "iPhone (iPad) Storage" yang loading terus tidak mau terbuka, muncul, atau tampil, kalian bisa mengikuti cara-cara berikut:

1. Restart iPhone atau iPad

Sederhananya, silakan matikan iPhone atau iPad kalian dan cek kembali hasilnya.

2. Reset Pengturan iPhone atau iPad

Apabila cara-cara di atas tidak juga membuahkan hasil, me-reset atau mengembalikan pengaturan iPhone atau iPad ke pengaturan default (Pabrik) umumnya dapat mengatasi masalah tersebut.

Tidak perlu khawatir, cara-cara ini tidak akan menghapus data-data seperti foto, kontak, video, dll., tepatnya hanya pengaturan saja yang di-reset.

Caranya, silakan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Transfer atau Atur Ulang iPhone (iPad) > Atur Ulang > Atur Ulang Pengaturan.


3. Update ke iOS versi Terbaru

Di iOS versi terbaru, diharapkan sistem iPhone atau iPad yang menyebabkan masalah tersebut dapat teratasi.

Jadi, direkomendasikan untuk mencoba update ke iOS/iPadOS versi terbaru apabila cara-cara sebelumnya tidak membuahkan hasil.

Untuk update versi iOS/iPadOS dapat dilakukan melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

4. Reset Total Pengaturan serta Data di iPhone atau iPad

Bila masih tidak berhasil, maka kalian bisa mempertimbangkan untuk me-reset total iPhone atau iPad ke pengaturan pabrik, termasuk data-data yang ada di dalamnya.

Jadi, silakan backup data-data penting terlebih dahulu sebelum melanjutkan. Cara ini mungkin akan menjadi cara terakhir yang seharusnya dapat mengatasi masalah tersebut.

Caranya, silakan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Transfer atau Atur Ulang iPhone (iPad) > Hapus Konten & Pengaturan >Lanjutkan, kemudian ikuti prosesnya hingga selesai.


5. Restore iPhone atau iPad dengan iTunes

Seharusnya, dengan mengikuti cara terakhir atau keempat di atas, masalah menu Penyimpanan iPhone atau iPad yang loading terus, sudah teratasi ya.

Tetapi, dalam kasus yang mungkin sangat jarang terjadi, kalian perlu me-restore atau mengembalikan serta membersihkan sistem operasi iPhone maupun iPad, melalui bantuan dari komputer.

Nah, untuk melakukannya, silakan cek artikel berikut: Cara Restore iPhone ke Pengaturan Pabrik Menggunakan iTunes

Penutup...

Bagaimana, apakah menu Penyimpanan iPhone atau Penyimpanan iPad sudah berhasil dibuka, muncul, atau tampil? seharusnya dengan mengikuti cara-cara di atas sudah berhasil ya.

Jika begitu, sekian informasi atau tutorial yang dapat Admin bagikan. Apabila masih ada yang ingin ditanyakan atau mungkin sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih.