Apa Layak Untuk Upgrade ke iPhone 11 dan 11 Pro?

Apple telah merilis 3 model iPhone terbarunya yaitu iPhone 11, 11 Pro dan 11 Pro Max, menurut Apple ketiga iPhone tersebut membawa peningkatan besar dari segi Kamera, Layar maupun Peforma di bandingkan dengan iPhone model sebelumnya.


Pertanyaannya sekarang apakah layak untuk upgrade ke iPhone 11, 11 Pro atau 11 Pro Max? jawabannya sederhana yaitu tergantung dari mana kalian datang.

Jika datang dari seri iPhone 5, 6, 7 atau bahkan lebih jadul dari itu jawabannya, Ya! worth untuk upgrade, kenapa?

iPhone 11, 11 Pro dan 11 Pro Max adalah salah satu perangkat iPhone dengan model yang memiliki perubahan cukup drastis di bandingkan dengan model iPhone 5, 6, 7 bahkan lebih jadul lagi, di seri iPhone 11 kalian akan mendapatkan teknologi baru untuk melindungi dan membuka iPhone yaitu menggunakan Face ID, dengan fitur tersebut kalian hanya membutuhkan wajah diri sendiri sebagai password untuk membuka iPhone, selain itu kualitas layar dengan tampilan yang penuh ( di sertai notch ) akan merubah pandangan kalian terhadap pengalaman dalam menggunakan iPhone 11.

Fitur lainnya yang akan kalian dapatkan berupa peningkatan performa yang sangat drastis ( tidak ada kata lemot ), kualitas kamera yang sangat menakjubkan dan juga detail, AR Memoji dan Animoji menggunakan wajah kalian sendiri, tampilan layar yang sangat memanjakan mata dan masih banyak lagi, yang pasti pengalaman kalian menggunakan iPhone akan jauh berubah dengan iPhone 11, 11 Pro ataupun 11 Pro Max.
Jika datang dari iPhone 8 dan iPhone X apakah worth? jawabannya, Tergantung! kenapa?

Seri iPhone 8 dan iPhone X di luncurkan pertama kali pada tahun 2017 dengan membawa perubahan besar terutama untuk iPhone X. Sedangkan untuk iPhone 8 dan 8 plus sendiri masih menggunakan model dari iPhone sebelum-sebelumnya hanya saja terdapat beberapa fitur baru seperti rating tahan air yang lebih tinggi, fitur kamera potrait dan sudah mendukung wireless charging. Sedangkan untuk iPhone X adalah model yang paling menarik perhatian karena untuk pertama kalinya Apple merombak desain dari iPhone X dengan menanamkan teknologi Face ID, tampilan layar Full Screen dengan Notch, Amoled Display dan navigasi gestur yang merubah pengalaman menggunakan iPhone.

Kesimpulannya jika kalian datang dari iPhone 8 dan 8 Plus, berikut hal yang akan kalian dapatkan pada seri iPhone 11 :

> Tampilan baru ( full screen + notch )
> Menggunakan Face ID di bandingkan dengan Touch ID
> Perubahan kamera yang signifikan
> Peningkatan performa jauh lebih smooth / halus
> Daya Baterai jauh lebih tahan lama
> Layar Amoled yang menakjubkan

Untuk iPhone X menurut saya sampai saat ini tidak worth untuk upgrade ke iPhone 11 karena keduanya memiliki fitur yang sama hanya ada peningkatan di beberapa bagian seperti Kamera, Performa dan Baterai. Juga untuk kedepannya performa dari Apple A11 pada iPhone X dan 8 di perkirakan akan terus mendapatkan update iOS untuk jangka yang cukup panjang.

Jika datang dari iPhone Xr, Xs dan Xs Max apakah Worth? jawabannya simple, TIDAK! kenapa?

Singkat saja iPhone Xr, Xs dan Xs Max masih sangat layak dan memiliki performa dan fitur yang mumpuni hingga saat ini, kapasitas baterai, kualitas kamera, performa kencang dan pembaruan iOS yang masih panjang membuat iPhone Xr, Xs dan Xs Max masuk dalam kategori tidak worth sama sekali untuk upgrade ke iPhone 11, setidaknya saya hanya menyarankan saja.

Tapi jika uang kalian banyak dan uang bukan menjadi masalah? silahkan ganti itu pilihan kalian :) setidaknya bagi pengguna iPhone Xr lah yang paling merasakan perubahannya.

Baik itu saja tips dan saran dari saya semua tergantung pilihan dan keadaan uang kalian, sebenarnya dan seharusnya iPhone di ciptakan untuk bertahan setidaknya 2-3 tahun sebelum layak untuk di ganti mengingat harganya yang mahal dan kualitas ketahanan dari iPhone itu sendiri yang sudah sangat baik, lagipula Apple akan terus melakukan support update untuk iPhone model lama untuk beberapa tahun ke depan.

Baca Juga : Tips Membeli iPhone Untuk Pemakaian Jangka Panjang