Penyebab Layar iPhone Tiba-Tiba Redup dan Cara Mengatasinya

Layar iPhone kalian tiba-tiba menjadi redup sendiri? agak gelap dan tidak enak dipandang? jawabannya simple saja hal ini disebabkan oleh fitur Kecerahan Otomatis (Auto-Brightness) pada iPhone.


iPhone sendiri memiliki sensor cahaya digunakan untuk mengubah tingkat kecerahan pada layar sesuai dengan kondisi cahaya sekitar, sensor cahaya pada iPhone akan meningkatkan tingkat kecerahan layar saat kondisi ruangan semakin terang dan akan meredupkan layar pada kondisi ruangan yang sedikit lebih gelap.

Walaupun begitu terkadang kita merasa bahwa tingkat kecerahan yang diatur otomatis oleh iPhone tidak sesuai dengan keinginan kita, untuk mematikan fitur ini caranya sangatlah mudah silakan ikuti petunjuk berikut:

Penyebab Layar iPhone Tiba-Tiba Redup dan Cara Mengatasinya

1. Masuk ke Pengaturan > Aksesibilitas > Layar & Ukuran Teks kemudian matikan menu Kecerahan Otomatis



2. Setelah menu Kecerahan Otomatis dimatikan, silakan atur sendiri kecerahan layar kalian melalui panel Control Center ataupun Pengaturan, sekarang iPhone kalian tidak akan mengubah tingkat kecerahan pada layar secara otomatis lagi.

Masih belum berhasil?

Jika kalian sudah mematikan fitur Kecerahan Otomatis / Auto Brightness dan mengatur kecerahan ke paling cerah tetapi hasilnya layar kalian tetap redup, hal ini juga dapat disebabkan oleh Overheat (kepanasan) yang terjadi pada layar iPhone, layar pada iPhone yang terlalu terang dalam waktu yang cukup lama akan menjadi panas dan jika sudah terlalu panas maka otomatis iPhone akan meredupkan tingkat kecerahan layar guna melindungi komponen layar.

Baca Juga : Cara Mempercepat iOS 13 yang Lemot di iPhone SE, 6S, 7, 8 dan X

Kecerahan layar sendiri akan kembali normal ketika temperatur pada layar sudah semakin dingin atau tidak panas lagi, jadi pastikan kalian layar kalian tidak mengalami kepanasan dengan menghindari dimainkan pada ruangan dengan temperatur yang panas apalagi terpapar langsung dengan sinar matahari.

Mematikan Mode Hemat Daya (Low Power Mode) juga dapat membantu membuah cahaya pada iPhone lebih terang.

Jika belum berhasil juga pertimbangkan untuk mengupdate ke iOS versi terbaru, siapa tau hal ini disebabkan oleh bug pada iOS, cara updatenya masuk ke Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.


Tunggu... jika cara-cara di atas sudah diterapkan misalnya kecerahan layar (auto brightness) sudah dimatikan, tingkat kecerahan sudah penuh kemudian layar iPhone tidak dalam keadaan panas, mode hemat daya sudah dimatikan dan menggunakan iOS versi paling terbarunya, tapi layarnya kok tetap redup?

Jika memang begitu ada kemungkinan bahwa salah satu komponen pada iPhone ada yang bermasalah, silakan bawa iPhone ke service center Apple resmi di Indonesia atau tempat reparasi ponsel yang kalian percaya untuk dicek penyebabnya lebih lanjut.

Baca Juga : Cara Membuat Ringtone / Nada Dering di iPhone Tanpa iTunes