Apa Bisa Downgrade iOS ke Versi Sebelumnya? Bisa Berikut Caranya

Banyak keluhan pengguna iPhone, iPad atau iPod setelah melakukan update ke iOS versi terbaru mengalami banyak masalah, contohnya saja baterai yang cepat habis, beberapa aplikasi tidak jalan, jadi lag, cepat panas dan lain sebagainya.


Oh ya sebelum kalian melanjutkan untuk downgrade silahkan pertimbangkan dengan membaca artikel berikut :

Baca Juga : Kenapa Baterai iPhone Boros Banget? Berikut Penyebabnya
Baca Juga : Cara Mengatasi iPhone dan Android Yang Cepat Panas Saat Bermain Game Berat

Jika tidak memberikan dampak yang signifikan kalian bisa lanjutkan niat kalian untuk downgrade, baik yang pertama kita mengenal dulu metode yang dapat di lakukan untuk downgrade versi iOS, setiap versi iOS yang di rilis memiliki waktu sign yang tidak lama dan kalau sudah tidak di sign lagi ( unsigned ) maka tidak ada harapan untuk downgrade.

Untuk melihat Status Sign atau Unsigned versi iOS kalian bisa cek pada website berikut : ipsw.me ( cek sesuai mode iPhone yang kalian gunakan )

Pada website tersebut kalian akan mengetahui versi iOS mana saja yang masih di sign dan sudah tidak di sign lagi untuk iPhone kalian, contohnya gambar di bawah menunjukkan iOS 13.1.3 dan 13.1.2 masih di signed, sedangkan untuk versi lainnya masuk dalam kategori unsgined.


Jika versi iOS yang kalian inginkan untuk downgrade masih di Sign, selamat kalian bisa melakukan downgrade sebelum di tutup oleh Apple dan statusnya berubah menjadi Unsigned.

Lalu jika masih di Signed bagaimana cara downgradenya? silahkan download file iOS / IPSW yang masih signed tersebut melalui website tadi ipsw.me kemudian silahkan install / restore ke dalam iPhone kalian menggunakan iTunes, caranya silahkan baca disini : Cara Download, Install dan Restore IPSW / Firmware iOS iPhone

Bagaimana jika Unsigned?

Tentu saja tidak ada harapan bagi kalian untuk melakukan downgrade, kalaupun ada kalian di haruskan menyimpan shsh2 pada iOS yang ingin di downgrade dan menyimpannya harus dalam keadaan waktu masih di sign oleh Apple dan yang lebih repotnya lagi antara iOS yang ingin di downgrade dan iOS yang kalian gunakan sekarang harus dalam status bisa di jailbreak agar dapat di lakukan pengaturan tiket Noncenya.

Jadi jika iOS yang kalian ingin downgrade sudah tidak di sign oleh Apple ( unsigned ) yang bisa kalian lakukan sekarang adalah bersabar menunggu update perbaikan dari Apple.

Baik sekian informasi yang dapat saya berikan jika ada pertanyaan atau ada yang ingin di sampaikan bahkan ingin menambahkan sesuatu? silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!