Cara Mengatasi Update Aplikasi di iPhone yang Lama / Lemot

Update aplikasi di iPhone adalah hal yang wajib dilakukan demi mendapatkan perbaikan, fitur baru dan lain-lain dari si penyedia aplikasi, tapi apa jadinya apabila kalian ingin melakukan update aplikasi di App Store iPhone updatenya berjalan sangat lama?



Ada banyak hal yang menyebabkan kenapa update aplikasi di iPhone terasa sangat lama atau lemot, hal ini juga sering terjadi pada saya pada waktu-waktu tertentu, untuk mengatasi masalah lamanya mengupdate aplikasi iPhone kalian bisa mencoba cara-cara berikut ini :

Cek Kecepatan Internet

Bisa jadi penyebabnya diakibatkan oleh jaringan internet yang sedang lambat, untuk melakukan test kecepatan internet kalian bisa menggunakan aplikasi Speed Test dari App Store atau coba streaming video dari YouTube, apabila buffering maka internet yang lambat tersebut yang menjadi penyebabnya.

Restart Jaringan (Airplane Mode)


Apabila kalian menggunakan jaringan internet data seluler silakan nyalakan airplane mode (mode pesawat) kemudian setelah beberapa saat matikan lagi, jika sudah coba cek kembali hasilnya.

Pause dan Resume


Coba pause / jeda aplikasi yang sedang didownload, tunggu beberapa saat kemudian tap lagi untuk melanjutkan download.

Restart iPhone

Cara ini biasanya ampuh dalam mengatasi bug atau kesalahan pada iPhone termasuk lambatnya saat mendownload aplikasi, untuk melakukannya secara sederhana silakan matikan iPhone untuk beberapa saat kemudian nyalakan kembali dan lihat hasilnya.

Restart Router Wifi


Menggunakan koneksi / jaringan wifi? silakan restart router wifi kalian dan coba download kembali


Gunakan Jaringan Lainnya

Jika cara-cara di atas tidak membuahkan hasil, cara selanjutnya kalian bisa mencoba menggunakan jaringan internet dari sumber yang lainnya, misalnya WiFi.

Reset Pengaturan Jaringan iPhone


Pertimbangkan juga untuk mereset pengaturan jaringan pada iPhone, namun sebelumnya perlu diketahui pengaturan jaringan akan direset seperti password wifi tersimpan akan hilang ataupun pengaturan seluler akan tereset, untuk melanjutkan langsung saja masuk ke aplikasi Settings > General > Reset > Reset Network Settings.

Relogin Apple ID


Sebelumnya pastikan kalian mengingat Apple ID yang digunakan tersebut, jika ya.. sekarang Logout Apple ID melalui menu Settings > iTunes & App Store > (apple id kalian) > Sign Out, apabila sudah sekarang silakan login kembali melalui menu yang sama.

Update ke iOS Terbaru


Mengupdate iOS ke versi terbaru dapat memperbaiki sejumlah masalah yang mungkin kalian alami saat ini, caranya masuk ke Settings > General > Software Update.

Kemungkinan Layanan Apple Store Down

Apabila cara-cara di atas tidak juga membuahkan hasil, ada kemungkinan layanan Apple Store sedang down, untuk mengeceknya silakan baca pada artikel berikut : Cara Mengecek atau Melihat Apple System Status

Bagaimana apakah cara di atas dapat memperbaiki masalah aplikasi lama mendownload di iPhone kalian?

Sekian informasi dan cara yang dapat saya bagikan, apabila ada yang ingin disampaikan, tanyakan atau bahkan ada yang mau menambahkan? silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!